" Status YM ""
UKM Indonesia Sukses: 6 Strategi Orang Sukses Menghindari Stres

6 Strategi Orang Sukses Menghindari Stres


Apakah dalam hari-harimu selama bekerja, kamu merasa stres? Wajar bila kamu merasa demikian, apalagi bila kamu dibebani begitu banyak tekanan. Namun yang berbahaya adalah apabila kualitas kerjamu terpengaruh oleh tekanan yang datang. Tapi tahukah kamu, orang-orang sukses dunia seperti Donald Trump, Daniel Akerson, Steve Ballmer, atau Marissa Mayer bisa berhasil seperti sekarang karena mereka mampu mengelola stresnya. Berikut ini Infospesial akan berupaya menjabarkan strategi yang dilakukan oleh orang-orang sukses tersebut dalam mengelola stres.


Sayangilah dirimu sendiri Menyayangi diri sendiri adalah inti dalam kehidupan. Ketika kamu melakukan kesalahan dalam kerja, wajar apabila kamu mengkritisi dirimu sendiri, namun lakukanlah dengan kebaikan dan pemahaman. Tidak perlu mengritisi diri berlebihan. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang menyayangi diri sendiri akan bisa mengurangi stres dan meningkatkan kinerja dengan cara menjadikan diri mereka lebih mudah belajar atas kesalahan yang dibuat. 


Ingat "gambaran besarnya" Dalam bekerja, kamu pasti memiliki sebuah target besar. Misalnya bila kamu mengembangkan sebuah website, kamu bermimpi untuk menjadikan website kamu populer dan dikunjungi lebih dari 1000 orang tiap harinya. Bila kamu gagal, ingat selalu impian dan target ini. Mengingat tujuan akhir seringkali menyadarkan kita bahwa langkah-langkah kecil ini adalah upaya untuk menuju ke tujuan yang jauh lebih besar. Mengandalkan rutinitas Tidak ada yang mengalahkan sebuah kebiasaan rutin. 


Bila kamu tiap hari bekerja dengan prosedur operasi yang berbeda-beda, cobalah tinggalkan kebiasaan itu. Lakukanlah satu hal yang pasti hingga mencapai target, selangkah demi selangkah. Mengurangi pengambilan keputusan dengan mengandalkan kebiasaan akan meringankan beban pikiran kamu. Apalagi bila usaha kamu memungkinkan untuk berkembang setapak demi setapak. Dengan melangkah perlahan-lahan, kamu bisa mencapai tujuan yang lebih besar. Oleh karena itu, jangan patah arang bila ada kegagalan dalam salah satu aktivitasmu. Melangkahlah lagi perlahan-lahan. Itu akan terakumulasi untuk mencapai kesuksesan di masa mendatang. 


Luangkan waktu lima (atau sepuluh) menit melakukan sesuatu yang menarik Bila kamu terus menerus melakukan aktivitas yang tidak kamu sukai, tentu saja lama-lama kamu akan depresi. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah meluangkan sedikit saja waktu kamu untuk melakukan aktivitas yang kamu sukai. Bila kamu memiliki hobi membaca buku, luangkan waktu 10 menit untuk membaca buku yang kamu bawa sebagai bentuk kegiatan refreshing. Pastikan posisi kamu saat ini dengan memanfaatkan To-Do List To-Do List atau agenda kegiatan bukan hanya berfungsi untuk mencatat janji kamu. 


Ini juga bisa dimanfaatkan untuk selalu memperbarui catatan prestasi atau kemajuan kamu dalam pekerjaan. Menurut penelitian, ketika seseorang mengetahui langkah-langkah maju yang dibuatnya, maka beban pikirannya akan semakin ringan. Lakukan ini dan perhatikan tiap langkah maju yang kamu buat! Lihat kemajuan pekerjaan kamu, bukan kesempurnaan Mencapai hasil yang sempurna itu melelahkan. 


Jangan bebani dirimu berlebihan. Catat setiap kemajuan kamu dalam pekerjaan, namun jangan hukum dirimu berlebih bila hasilnya tidak sempurna. Berfokus pada kemajuan, bukan kesempurnaan, akan mengurangi stres kamu. Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Infospesial yakin kamu akan bisa mengurangi tingkat stres kamu di tempat kerja atau sekolah. Cobalah tips-tips di atas secara bertahap dan kamu pasti akan merasa lebih ringan dalam melakukan semua aktivitas kamu!

Entri Populer