" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Bangkitkan UKM Melalui Komunitas Kupu

Bangkitkan UKM Melalui Komunitas Kupu

13/02/2012
Bangkitkan UKM Melalui Komunitas Kupu


PENGUSAHA wanita yang juga aktif berperan di dalam mengembangkan potensi bisnis mikro atau yang biasa disebut UKM memang terbilang jarang. Namun tidak sama halnya dengan Myma Arifin.seorang pengusaha sukses pemilikTaqilla Bags yang saat ini justru disibukkan dengan kegiatan barunya dalam sebuah komunitas yang ia sebut Kupu. Seakan tak pernah lupa darimana dirinya merintis usaha, Myrna begitu sapaan akrabnya memiliki sebuah mimpi sederhana yaitu membantu para pelaku UKM yang mengalami kesulitan mengembangkan usahanya melalui Kupu.

Berawal dari rasa peduli pada nasib UKM yang jatuh bangun dalam menjalan bisnisnya, Myrna pun terdoronguntuk sedikit memberikan sumbangsih dengan mendirikan Kupu bersama keempat temannya yang juga berlatarbelakang pengusahamikro."Kupu baru didirikan tahun ini. Saya sudah lama berkecimpung di dunia UKM dan saya sudah melihat sendiri bagaimana UKM memperjuangkan usaha mereka mati-matian, tetapi tetap jalan di tempat. Saya ingin lakukan sesuatu yang bisa mendorong UKM bisa lebih baik lagi. Di Kupu kami duduk bersama membahas permasalahan serta solusi apa yang tepat," ujarnya.

Dia mengakui, kendala untuk mengembangkan UKM saat ini yakni kesulitan dalam modal usaha, SDM dan pemasaran produk. Bila dilihat dari modal usaha dirinya menilai para pelaku UKM masih mengalami kesulitan dalam meminjam kredit lebih dari Rp20 juta apalagi tidak didukung oleh lokasi yang strategis. Melalui Kupu ujar ibu dua anak ini, UKM bisa saling berbagi pengalaman, ide dan cerita sehingga ter jalinlah kebersamaan yang dibutuhkan sehingga bisa sedikit meringankan pekerjaan.

Sumber: Harian Seputar Indonesia


Entri Populer