" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Agribisnis Durian Kane

Agribisnis Durian Kane

28/12/2011
Agribisnis Durian Kane 
Manja di Tahun Pertama, Dus Perlu Perawatan Ekstra


Durian kane sudah mulai berbuah saat berusia empat tahun. Namun, dalam periode satu tahun pertama, pohon durian kane memerlukan perawatan ekstra dan harus dihindarkan dari sinar matahari langsung. Masa panen durian kane mencapai 10 tahun.

DURIAN kane sangat cocok di wilayah beriklim tropis dengan tanah yang kering. Oleh karena itu hampir seluruh wilayah di Indonesia cocok untuk budidaya durian asal Thailand ini. Namun, durian akan tumbuh lebih subur di dataran rendah dengan ketinggian maksimum 600 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Ngurah Suardika, pemilik dan pengelola KNK Bali Agroplasma di Singaraja, Bali, mengatakan, lahan tanam yang terlalu tinggi akan membuat tanaman menghasilkan durian kane ukuran kecil. Selain itu, rasa daging buah yang dihasilkan tak akan manis dan legit.

Yosie Ermawan, pemilik UD Gema Putra di Jember. Jawa Timur menambahkan, budidaya durian kane tak jauh berbeda dengan budidaya durian montong. Hanya saja, menurut Yosie. bibit tanaman durian kane lebih rentan hama dan penyakit dibanding durian montong.

Dia menyarankan agar petani merawat tanaman durian kane secara intensif sebelum berumur setahun. "Itu waktu yang sangat menentukan," kata lelaki yang membudidayakan bibit durian kane semenjak tahun 2007 tersebut.

Dalam satu tahun pertumbuhannya, pohon durian kane lebih baik mendapat perlindungan dari terik matahari langsung.

Pembudidaya bisa menggunakan jaring penahan panas untuk tanaman.

Yosie menambahkan, untuk memulai budidaya durian kane, musim tanam yang ideal adalah di akhir tahun pada November dan Desember. Selain dua bulan tersebut, musim tanam yang paling baik pada Januari dan Februari.

Buah duriankane harusmatang pohonatau dibiarkanjatuh secaraalami. Biasanya, pada bulan-bulan itu curah hujan cukup tinggi sehingga membuat kandungan air dalam tanah stabil. "Sehingga tidak perlu kuatir tanaman akan kering kepanasan," katanya Namun, dia tidak menyarankan untuk menanam durian di areal tergenang karena akan rentan terkena penyakit.

Durian kane mampu tumbuh lebih cepat dibanding jenis durian lain. Setelah berumur empat tahun, durian kane biasanya sudah mulai berbuah. Yosie mengatakan, dalam satu kali panen tiap pohon durian hanya akan mengha-silkan sekitar 100 buah. Jumlah itu lebih sedikit dibanding produksi durian montong yang biasanya 10% sampai 20% lebih banyak.

Ngurah Suardika menjelaskan, proses panen durian kane perlu diperhatikan. Sebab, buah yang telah masak tak boleh dipetik langsung dari tangkainya. "Buah harus matang pohon atau dibiarkan jatuh secara alami," katanya.

Cara terbaik untuk bisa memperoleh durian yang benar-benar matang adalah dengan mengikat batang durian dengan tali. Dengan begitu ketika durian matang dan jatuh tidak akan langsung menyentuh tanah sehingga kemungkinan pecah lebih kecil.

Dengar, masa produktif sekitar 10 tahun, panen masih bisa dilakukan saat pohon durian mencapai 15 tahun. Pada masa produktif tersebut, hama yang sering menyerang durian kane adalah kutu buah.

Untuk menanggulangi serangan kutu buah, cukup menggunakan obat anti hama. Namun, Ngurah Suardika menyarankan agar penggunaan bahan kimia dikurangi imtuk menghasilkan durian yang lebih sehat "Saat ini saya sedang mengembangkan untuk bertanam durian kane di pol kata Yosie.


Sumber : Harian Kontan
Dea Chadiza Syaflna, Fahriyadl

Entri Populer