" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Gaya Bisnis si Raja Gula

Gaya Bisnis si Raja Gula

14/11/2011
Gaya Bisnis si Raja Gula


Salah satu nama yang masuk daftar tersebut ialah keluarga Kuok, miliarder negeri jiran Malaysia. Seperti diberitakan majalah Forbes, harta kekayaan keluarga Kuok dapat bertambah disebabkan pertumbuhan ekonomi Malaysia sebesar 7,2% pada tahun lalu.

Dalam laporan CNBC, keluarga Kuok berada di uni tan keenam. Kelompok bisnis keluarga asalMalaysia ini didirikan tiga Kuok bersaudara. Salah satunya Robert Kuok Hock Nien. Pria kelahiran 6 Oktober 1923 ini dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Asia. Sebelum terkenal, Robert bekerja pada perusahaan Mitsubishi selama 3 tahun.

Awal usaha Robert bersama dua saudaranya dimulai pada 1949. Saat itu, mereka mendirikan perusahaan dengan bendera Kuok Bros, SdnBhdyangber-gerak di bidang perdagangan tfr hasil pertanian seperti gula, tepung terigu, beras. Seiring makin

berkembangnya usaha yang mereka jalankan,pada 1952 kelompok bisnis ini mulai melebarkan sayap ke negara lain di Asia. Ekspansi bisnis tersebut tidak sia-sia. Pada 1961, bisnis mereka sukses besar setelah membeli gula murah dari India. Kemudian harga gula melonjak drastis di pasar.

Setelah mendapatkan keuntungan besar, keluarga Kuok mendirikan Malaysia Sugar Manufacturing, perusahaan penyulingan gula pertama di Malaysia. Lewat perusahaan ini, keluarga Kuok mulai memiliki hubungan baik dengan banyak pemain besar di bisnis perdagangan gula.

Sepanjang era 1960-1970-an, perusahaan Kuok tumbuh pesat akibat harga gula yang terus meningkat. Pada masa itu, keluarga Kuok juga membangun perkebunan Perlis untuk memperluas bisnis dalam memproduksi gula. Melalui perkebunan ini, kapasitas produksi gula dari perusahaan Kuok meningkat. Hasilnya, pada 1971 Kuok bisa menjual 1 juta ton gula ke China.

Hasrat bisnis keluarga Kuok terus membara. Hal ini dibuktikan pada 1977 ketika mereka membangun hotel pertamanya di Singapura yang diberi nama Shangri-La. Kemudian keluarga Kuok juga membeli sejumlah properti di Hong Kong.

Di usia ke-54, Robert sebagai perwakilan keluarga berhasil membeli 30% saham Sucden Kerry International, perusahaan asal Prancis yang menguasai sebagian besar perdagangan gula dunia. Selain itu, dia berhasil membangun hotel kedua, Kowloon Sangri-La, di Hong Kong.

Pada 1993,saat berusia 70 tahun,Ro-bert Kuok melalui grup Kerry mendapatkan saham 34,9% untuk ShoutChi-naMorn ing Post dari MurdochsNews Corporation. Setelah itu, Robert Kuok mulai membentangkan usaha di bidang perdagangan minyak dengan membeli 67% saham perusahaan perdagangan minyak Hamburg. Tak hanya itu, uangnya juga diinvestasikan ke bisnis media dengan membeli 18% saham TVB. Di usia ke-84. Robert Kuok juga menjadi pemegang saham terbesar Transmile Group, salah satu perusahaan kargo udara di Malaysia. PPB Oil adalah salah satu perkebunan terbesar di Malaysia yang menjadi miliknya. Di Indonesia Kuok juga memiliki perkebunan gula terluas.

Kini di usianya yang menginjak 88 tahun, Robert Kuok dibantu anak dan keponakannya untuk menjalankan bisnis. Anaknya, P Khoon Chen, kini KUOK KHOON HONGmenjabat sebagai direktur eksekutif dari anak usaha Kuok Group yang bergerak di bidang properti, Kerry Properties. Sementara itu, putra tt*rmudanya, Khoo Ean, memimpin bisnis hotel, Shangri-La Asia.

Salah satu sumber kekayaan terbesar keluarga Kuok berasal dari industri kelapa sawit dengan bendera-nya, Wilmar International. Untuk memimpin bisnis ini, Robert Kuok menempatkan keponakannya, Khoon Hong, sebagai chairman.

Sampai saat ini ekspansi bisnis dari ayah delapan anak ini terus diperluas. Perusahaannya telah berkembang di beberapa negara di Asia seperti Singapura, Thailand, China,Fiji,IndonesiasertaAustralia. Robert Kuok memiliki bisnis di China meliputi 10 perusahaan minuman botol untuk Coca Cola dan kepemilikan BeijingTrade Centre.

SementaraituBusinessinsiderdalam tulisannya meQeaaskaft. kunci sukses keluarga JyjJUTfterasai dari jaringan bisnis yangluas. Di samping itu, Robert Kuok memiliki pengaruh politik sangat kuat. Dia sangat diuntungkan dengan jaringan politik tersebut.

Selain itu, Kuok dipercaya sebagai penghubung antara Pemerintah Malaysia dan China. Seperti dilansir channelnewsasia, teman-teman Kuok sepakat bahwa dia adalah orangyangramah dan suka membantu. Sikap inilah yang kerap membuat banyak pesaingnya mau mengalah tanpa harus marah.

Harian Seputar Indonesia
cheerli


Entri Populer