" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Cara Wang Mencari Uang

Cara Wang Mencari Uang

14/11/2011
Cara Wang Mencari Uang


Nama keluarga Wang di Taiwan sudah tidak asing lagi. Maklum, keluarga Wang dikenal sebagai "Raja Bisnis". Keluarga Wang adalah pendiri Formosa Plastics Group, produsen plastik terbesar di Taiwan. Perusahaan juga tercatat sebagai salah satu perusahaan plastik terbesar di dunia. Total kekayaan bersih keluarga ini diperkirakan sebesar USD8.6 miliar. Dengan angka ini, keluarga Wang menempati peringkat sepuluh dalam daf tar keluarga terkaya di Asia.

FonnosaPlasticsGroupmerupakan salah satu pemain utama dalam bidang produsen petrokimia di Asia. Perusahaan ini mengontrol lebih dari 100 perusahaan termasuk rumah sakit dan sekolah. Tokoh utama dari keluarga terkaya di Taiwan ini adalah dua bersaudara Yung-ching Wang dan Yung-tsai Wang. Keduanya mendirikan Formosa Plastics Group pada 1958.

Dalam membangun bisnis, Yung-ching cukup f enomenaL Pria kelahiran 18 Januari 1917 ini dikenal sebagai en-rnepreneurlegendaris diTai wan. Walaupun hanya memiliki pendidikan sekolah dasar, Yung-ching yang wafat pada 15 Oktober 2008 ini berhasil memimpin saudara-saudaranya dalam mengembangkan bisnis. Sebelum meninggal pada usia 91 tahun, Forbes sempat mencatat kekayaan Yung-ching sebesar USD5.5 miliar. Kini industri yang mereka dirikan mencakup pada empat bidang utama yaitu Formosa Petrocne-mical,PlastikFonnosa,NanYaPlastics, dan Formosa Chemicals Fibre.

Sementara, sang adik, Yung-tsai, sampai saat ini masih memantau bisnis mereka walaupunkeduanyasecara resmi telah mengundurkan diri pada 2006. Dalam catatan Forbes, hingga Maret tahun lalu Yung-tsai berada di peringkat 310 dalam daftar orang terkaya di dunia. Saat itu Yung-tsai mencatatkan ke-kaya an sebesar USD3.5 miliar.

Setelah kedua bersaudara ini pensiun, kendali kelompok usaha diserahkan pada sebuah komite, yang terdiri dari Cher Wang (purn Yung-ching) dan Yuang Wang Wen (putra Yung-tsai). Ki-niCher(53tahun)berusahamemimpin saudara-saudaranya untuk mendekatkan pada sukses yang telah ditorehkan orang tua mereka. Saat ini Cher dinobatkan sebagai ikon baru keluarga Wang. Kesuksesan yang telah diraihnya membuat nama keluarga Wang terus berkibar di Taiwan bahkan dunia.

Bulan lalu Forbes memasukkan Cher di urutan 20 daftar "Powerful Women". Salah satu kesuksesan Cher ditorehkan pada perusahaan smartphone High Tech Computer (HTC) Corp yang didirikannya. Perusahaan ini sebelumnya dikenal sebagai produsen ponsel dan gadget yang dijual dengan merek perusahaan lain. Sekarang, denganmenggunakan merek sendiri, penjualan semakin menguntungkan. Tahun lalu HTC tercatat meraih pendapatan sebesar USD9,8 miliar.

HTC saat ini merupakan salah satu pemain besar dalam bisnis smartphone selain Apple dan Samsung.Ketiganya kerap kali terlibat perdebatan dalam hal hak paten. Cherberhasil membawa HTC pada peringkat terhormat hanya dalam waktu singkat. Beberapa tahun lalu nama HTC tidak banyak dikenal, namun sekarang menjadi pemain dunia di telepon seluler. Kapitalisasi pasar HTC mencapai USD21 miliar.

Bahkan, kini Cher yang merupakan ibu dua anak, telah menjadi trend-spot-terdanpengusaha. Bersama suaminya, dia tercatat sebagai pasangan terkaya di Taiwan dengan nilai kekayaan USD6,8 miliar. Langkah bisnis Cher terus menjadi perhatian kalangan bisnis internasional. Peraih gelar master ofa rtsdari University of California Berkeley ini baru-baru ini mengumumkan bahwa dia mengeluarkan USD300 juta untuk mendapatkan 51% saham Elektronika Beats, sebuah perusahaan ASyang melibatkan superstar produser musik Dr Dre, Interscope Records, dan Interscope yang dipimpin Jimmy Io-vine.

Harian Seputar Indonesia
islahuddin


Entri Populer