" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Agribisnis kunyit Butuh Air Sedikit, Ongkos Tanam Kunyit juga Irit

Agribisnis kunyit Butuh Air Sedikit, Ongkos Tanam Kunyit juga Irit

11/09/2011
Agribisnis kunyit Butuh Air Sedikit, Ongkos Tanam Kunyit juga Irit




Budidaya tanaman kunyit tak akan pernah kehilangan pamor. Selain memiliki prospek usaha yang bagus, kunyit juga mudah dibudidayakan. Tak butuh teknologi penanaman yang ribet, tanaman kunyit bisa tumbuh asal pemberian pupuk dan air yang mencukupi.

BUDIDAYA kunyit cukup mud.ih dibanding tanaman lain. Zulkarnaen, pemilik CV Shinta Pratama menuturkan, penanaman kunyit sebaiknya dilakukan secara tumpang sari. Sebab, selain panen cukup lama, dengan adanya tanaman jenis lain yang lebih cepat masa panennya, bisa menambah pemasukan petani.

Secara rata-rata, kata Zulkarnaen, tanaman herbal mi dapat ditanam di berbagai daerah di seluruh Indonesia, balikan sampai pada ketinggian 2.000 mdpl. "Namun, semakin tinggi daerah penanaman, maka umur panen juga makin lanta," katanya Karena, suhu optimal untuk budida-\;i tanaman kunyit antara 2!) derajat hingga 30 Sementara itu, M. Hadi, pemilik Yayasan Lintang Asri, menyarankan, penanaman kunyit dilakukan pada awal musim hujan. Sama seperti tanaman rimpang lainnya, tanaman kunyit juga membutuhkan cukup air untuk tumbuh.

Meski begitu, volume air tetap harus diperhatikan. "Tidak boleh ada genangan air, supaya rimpang tidak cepat membusuk," kata dia. Dalam budidaya kunyit ini, Hadi pun menerapkan sistem pertanian organik. Alasannya, biaya budidaya secara organik lebih murah karena tak perlu pestisida.

Tanaman kunyit ini siap dipanen pada umm enam bulan. Hadi bilang, ciri-cirikunyit siap panen adlaah berakhirnya pertumbuhan vegciatif. seperti terjadi perubahan warna daun dan batang yang semula hijau menjadi kuning, Satu tanaman bisa menghasilkan panen rimpang sebanyak 1,5 ku hingga nga kilogram (kg). Untuk BOO meter persegi, lahan budidaya kunyil bisa dipanen sekttai nya ton timpang kunn luiurHadi.

Sebelum luu.il tentu saja kunyit harus dicuci terlebih dulu. Pencucian ini harus dilakukan secara hali-hali. Biasanya, rimpang kunj il itu disempri i (lengan air bertekanan tingi tak atla lagi kotoran tanah yang menempel Jika masih kotor, bilas lagi, tapi cukup dua kali tidak boleh lebih, jelas Hadi.

Iamenghindari pencucian yang terlalu lama agar kualitas dan zat-zal yang terkandung dalam rimpang tidak larut terbawa Setelah dicuci, kunyit dikeringkan selama duahingga lima hari. I ladi hampir tak menemui kendala dalam budidaya kunyit itii. Tanaman kunyit nu relatii bebas dari hama Hanya memang kendalanyaadalah ua a, kala Hadi.

Pemberian hanan organik dinilai sangat penting untuk pertumbuhan rimpang. Sebab pemberian bahan organik akan membuat tekstur tanah cukup gembur dan timpang menjadi banyak dan cepat besar.

Sementara, kendala yang dihadapi Zulkarnaen adalah saal proses pengeringan. Ia masih iMengandalkan sinar matahari. Alhasil, bila liba musim penghujan, hasil panen kunyil beresiko terkena jamur.

Padahal, untuk kunyit yang dipasok ke Industrijajuli harus bciiai-bcnai dalam kondisi kering. Tujuannya, supaya rimpang kunyil bertahan lama "Kalau dikeringkan, rimpang bisa tahan sekitar 6 bulan hingga 12 bulan. Tapi kalau kunyit segar hanya bertahan sebulan, kata dia.

Mi ski penanaman dilakukan pada musim hujan, Zulkarnaen tak mengandalkan air hujan untuk mengairi lahannya. Ia menggunakan air sumur untuk pengairan, yang disalurkan melalui selang-selang dan bak tampungan.

Sumber : Harian kontan
Fitri Nur Arifenie


Entri Populer