" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Menjahit Laba dari Pesanan Jilbab Milik Pedagang

Menjahit Laba dari Pesanan Jilbab Milik Pedagang

11/01/2011
Menjahit Laba dari Pesanan Jilbab Milik Pedagang



Semaraknya dagangan jilbab tak hanya mendatangkan berkah bagi pedagang jilbab. Pebisnis maklon atau pihak ketiga yang menerima pesanan jilbab juga kecipratan laba. Dari jasa menjahit jilbab itu saja, penyedia jasa maklon itu bisa beromzet ratusan juta rupiah.

TINGGINYA permintaan jilbab membuat pedagang kesulitan untuk menambah pasokan. Agar jilbab tetap tersedia, tak jarang pedagang , berusaha memesan jilbab kepada pihak ketiga Cara memesan kepada pihak ketiga itu inilah yang dikenal dengan bisnis maklon.

Kehadiran jasa maklon jilbab berkembang karena menawarkan kemudahan. Pedagang yang ingin membuat jilbab tak perlu repot mengurus produksi sendiri. "Pedagang cukup bawa contoh desain, setelah itu kami yang menjahit," kata Rahmat, salah satu pemilik maklon jilbab di Ciamis, Jawa Barat.

Dengan nama usaha Ciamis Busana, Rahmat sudah menawarkan jasa maklon jilbab sejak 1998. la mena- warkan jasa maklon jilbab karena tertarik dengan potensi pasar jilbab di Tanah Air. Dalam mergalankan bisnisnya, selain menerima jasa menjahit jilbab, Rahmat j juga tak menampik bila ada yang ingin memasang aksesoris jilbab seperti payet, renda, dan aksesoris lain. "Pelanggan saya kebanyakan pedagang jilbab di Mangga Dua dan Tanah Abang," jelas Rahmat.

Tidak hanya pedagang yang menggunakan jasamaklon jilbab Rahmat. Ia mengakii juga memiliki pelanggan yang merupakan produsen pakaian muslimah ternama. Sayangnya, Rahmat enggan menyebut nama merek itu. "Mereka membawa desain sendiri, saya tinggal bikin," jelas Rahmat

Tarif jasa maklon itu beragam. Intuk jasa menjahit jilbab tarifnya antara Rp 6.000 hingga Rp Rp 12.000 . per potong, tergantung desain. Sedangkan untuk pemasangan payet dan aksesoris, tarifnya Rp 20.000 hingga Rp 80.000 per potong. "Semakin banyak payet, semakin mahal tarifnya," terang Rahmat yang memiliki 50 karyawan itu.

Berkat bisnis maklon itu saban bulan Rahmat mampu mengantongi omzet Rp 170 juta. Omzet berasal dari pembuatan jilbab atau pemasangan payet sebanyak 40 kodi (20 potong) sampai 50 kodi per pekan.
Berbeda dengan Rahmatyang membandrol tarif jasa makJon per potong. Dewi Yuliana, pengusaha maklon jilbab dari Gresik, Jawa Timur, menawarkan jasa maklon dengan tarif per kodi. Tarif jasa mulai Rp 450.000 sampai Rp 700.000 per kodi. "Tergantung ukuran dan model," terang Dewi.

Ia memberi contoh, untuk tarif membuat jilbab ukuran panjang tarif jasanya Rp 600.000 per kodi. Untuk membuat jilbab aksen yang lebih rumit tarifnya Rp 650.000 per kodi. "Kalau pemasangan payet atau aksesoris tarifnya Rp 450.000 per kodi," kata Dewi.

Dari usaha yang telah dimulai sejak 1980-an, dalam sebulan Dewi bisa meraup omzet hingga Rp 120 juta. Namun Dewi hanya mau menerima pesanan jilbab minimal 10 kodi. Kebanyakan pelanggan Dewi datang dari Jawa saja. Terbanyak pedagang di pasar Turi, Surabaya," kata Dewi. 

Sumber: Harian Kontan
Fitri Nur Arifenle

Entri Populer