" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Langkah Menuju Bisnis Antar Jemput

Langkah Menuju Bisnis Antar Jemput

30/10/2011
Langkah Menuju Bisnis Antar Jemput


NERACA. Setiap tahun ajaran baru, orang tua sibuk memilih sekolah dengan kelebihan dan fasilitas yang dijanjikan, seperti layanan antar jemput sekolah. Kondisi ini membuka peluang bisnis bagi kita. Selain menguntungkan, bisnis ini mudah pengelolaannya, hanya dibutuhkan merawat mobil dan waktu yang cukup dua kali sehari yaitu berangkat dan pulang sekolah.

Namun patut diperhatikan langkah persiapan bila Anda berniat mengelola bisnis antar jemput sekolah. Pertama; jika belum bisa mengemudikan mobil, belajar dan dapatkan surat ijin mengemudi yang sah. Kedua, tentukan daerah atau rute mana saja yang bisa kita layani. Ketiga, lakukan pengamatan ke sekolah-sekolah untuk mengetahui keadaan calon konsumen di lapangan.

Keempat, bangun hubungan yang baik dan erat dengan orang-orang tua siswa yang ada di sekitar Anda sehingga mereka memiliki kepercayaan terhadap Anda. Nama baik dan reputasi yang bisa dipercaya akan menjadi izin usaha yang amat penting bagi Anda. Sehingga jika Anda memberitahukan pada mereka Anda akan membuka usaha antar jemput, mereka tidak akan ragu menitipkan buah hatinya di jasa layanan Anda.

Dan kelima, mobil menjadi alat vital dalam operasionalisasi usaha ini. Maka keselamatan adalah yang terpenting. Mobil Anda tidak harus keluaran terbaru dan mahal tetapi harus memenuhi standar keamanan dan dalam kondisi yag laik jalan.

Anda pun harus mampu membuktikan pada konsumen bahwa Anda akan memegang teguh komitmen terhadap para konsumen (orang tua dan siswa) atas keselamatan putra-putri mereka. Lalu miliki nomor kontak ponsel anak, orang tua murid dan jika perlu, pihak sekolah, sehingga bisa dilakukan koordinasi tentang jam masuk dan pulang siswa sekolah yang bersangkutan.

Selayaknya pula Anda menjunjung tinggi kebiasaan tepat waktu karena dalam usaha ini. Artinya ketepatan waktu sangat ditekankan. Karena bagi orang tua murid, tentu mereka tidak akan memercayakan anaknya yang akan berangkat dengan orang yang suka terlambat dan kurang disiplin.

Selain itu, Anda harus secara berkala melakukan monitoring terhadap kondisi fisik mobil dan surat-surat resmi lainnya, sehingga Anda tidak akan kerepotan hanya karena terlewat masa perpanjangannya dan sebagainya.

Patut pula Anda sadari, bila tidak semua orang tua membutuhkan jasa antar jemput karena telah memiliki sopir dan mobil sendiri untuk mengantar anak-anak mereka. Lalu sadarilah rasa jenuh saat Anda ingin menawarkan jasa antar jemput, karena itu antisipasi yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencari sekolah baru sebagai target konsumen atau berinovasi dengan menambah nilai tambah bagi konsumen, (ade)

Sumber: Harian Neraca



Entri Populer