" Status YM ""
UKM Indonesia Sukses: Menimbang tawaran kemitraan Bonita Tour and Travel

Menimbang tawaran kemitraan Bonita Tour and Travel

29/09/2011
Kantongi Laba dari Para Pelancong
Menimbang tawaran kemitraan Bonita Tour and Travel



JAKARTA. Seiring pertumbuhan ekonomi yang terjadi di negeri ini, makin banyak orang yang melakukan perjalanan. Baik itu, perjalanan bisnis, perjalanan yang berhubungan dengan acara keluarga maupun berwisata.

Untuk mengejar waktu yang makin terbatas, banyak pelancong pun memilih moda transportasi udara untuk mengantar mereka ke kota tujuan Alasan inilah yang mengakibatkan permintaan perjalanan udara kian meningkat daii hi-rut menggairahkan bisnis agen perjalanan.

Beberapa agen perjalanan pun menawarkan kemitraan atau mewaralabakan usahanya untuk menjaring lebih banyak pelanggan. Salah sat u-nya, Bonita Tour and Travel milik Jefri Van Novis. Jefri menawarkan kemitraan sejak 2009.

Kini, dari 22 agen Bonita, Jefri hanya menjadi pemilik empat gerai saja. Sedangkan, 19 gerai lainnya merupakan milik mitra "Kami juga sudah mempunyai empat calon lainnya," kata Jefri.Selain menjual tiket seluruh maskapai penerbangan domestik dan internasional, Bonita juga menyediakan paket perjalanan wisata, ibadah umrah, dan haji ONH plus. Tak ketinggalan, mereka juga menawarkan penyewaan mobil dan vouclier hotel.

Untuk mengurai ketatnya persaingan, Jefri memberikan fasilitas lebih untuk mitranya Mitra bisa melihat jumlah bangku yang masih tersedia di tiap maskapai lengkap dengan kelas yang diinginkan. Mitra juga bisa mengetahui harga resmi maskapai, melakukan pemesanan, dan menerbitkan tiket secara langsung.

Selain itu, Jefri mengklaim, komisi yang bisa diperoleh mitranya lebih besar dibanding agen perjalanan lain. "Untuk setiap tiket yang terjual, mitra mendapatkan komisi langsung dari maskapai sekitar 4% hingga 5%," jelas Jefri. Bonita menawarkan tiga paket kemitraan, yang terdiri dari paket sub agen tipe 1 se-

Mitra akan mendapat komisi 4% - 5% darisetiap tiket yangterjual.nilai Rp 45 juta, paket sub agen tipe 2 seharga Rp 70 juta, dan paket mobile agen dengan investasi hanya Rp 2,5 juta. Biasanya, mitra yang tertarik membeli paket terakhir ini ingin membuka usaha agen tiket sebagai pekerjaan sambilan. Kerjasama kemitraan paket mobile hanya berlaku setahun.

Si iiiiiitara, untuk paket tipe 1 dan tipe 2, masa kerjasama berlaku selama lima tahun. Nilai investasi itu sudah termasuk jaminan deposit fee senilai Rp 20 juta. Namun, hanya mitra tipe 2 yang akan memperoleh perlengkapan kantor senilai Rp 25 juta

Fasilitas untuk mitra yang mengambil paket mobile pun h;iiii|ir sama seperti paket tipe 1 dan 2, hanya, sebelum tiket diterbitkan, mitra harus mentransfer uang pembayaran tiket ke Bonita Tour and Travel. Setelah pembayaran diterima Bonita, baru tiket bisa diterbitkan.

Lantaran mengadopsi konsep kemitraan, Bonita tak mengutip royalty fee maupun managemant fee. Dengan target penjualan sekitar 150 tiket tiap bulan, mitra dapat memperoleh omzet hingga Rp 75juta
Jefri menghitung, dengan omzet segitu, mitra bisa balik modal pada bulan ke-9 untuk paket sub agen tipe 1. Sementara, agen tipe 2 bisa balik modal dalam waktu 13 bulan.

Samsir Anwar, salah satu mitra Bonita Tour and Travel asal Sawahlunto, Sumatera Barat mengatakan, manajemen dan pelayanan yang rapi menarik minatnya bergabung dalam kemitraan ini. "Sampai sekarang, saya belum pernah kecewa," tutur Samsir. Bonita Tour and Travel Jl. Kebon Kacang VIII /2 Tanah Abang, Jakarta Tlp/faks (021) 31900976

Sumber: Harian Kontan
Handoyo


Entri Populer