" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Budidaya Mangga Kio Jay Lebih Cepat Panen bila Pohon Ditanam di Pot

Budidaya Mangga Kio Jay Lebih Cepat Panen bila Pohon Ditanam di Pot

14/09/2011
Budidaya Mangga Kio Jay Lebih Cepat Panen bila Pohon Ditanam di Pot


Perawatan pohon mangga kio jay sederhana saja. Untuk mendapatkan pertumbuhan optimal hanya diperlukan pemberian nutrisi dan penyiraman tiap sore hari. Dengan metode tabulampot, panen bisa dinikmati lebih cepat sehingga untung berlipat.

MUSIM kemarau seperi 1 sekarang adalah waktu yann irpai uiiiiit bertanainmangga kio jay. Mcnurut Widodo, pemilik Widodo Fami di Salatiga, Jawa Tengah, curah hujan yang tinggi dan mendung Justru akal) menghambat pertumbuhan pohon mangga kio jay.

Sebab pohon mangga asa] Thailand ini hanya akan tumbuh optimal di cuaca panas. "Perawatan cukup mudah, tapi tergantung dari cuaca, katanya, luluk tumbuh optimal, mangga jenis ini-juga membutuhkan nutrisi dan penyiraman mun setiap sore hari.

Kualitas bibit juga sangat menentukan. Aji Win, pemilik Citra Karya Tani menyarankan, bibit setidaknya telah memiliki tinggi antara 50 centimeter (an) sampai CO cm. Dengan ukuran itu, tanaman sudah memiliki akar yang kuat. "Akar yang kuat akan menghasilkan buah berkualitas baik," tuturnya.

Tak hanya penanaman langsung di tanah, pohon mangga kio jay juga bisa ditempatkan di dalam pot atau disebut tabulampot. Penggunaan tabulampot. menurut Aji, akan mempercepat tumbuh kembang tanaman.

Jika menggunakan metode tanam konvensional di halaman atau kebun, panen optimal baru bisa dilakukan setelah pohon berumur 2,5 tahun sampai 3 tahun. Namun jika menggunakan tabulampot panenbuah mangga kl jaj raksasa dapal dinikmati dalam waktu enam bulan. n gan metode tabulam-pol | liu ada |in.nuli.ih.innutrisi berupa berapa pupuk ran dicampur air, l lisemprol ke daun, setidaknya dua nunggu sekali." kata Aji. Pemberian obat perangsang tumbuhan bisa mempercepat pembentukan buah sehingga panen bisa dilakukan lebih cepal. MiKidc pembibitan

Dengantabulampot,panen dapatdinikmati dalamwaktu enambulan.tabulampot bisa dilakukan dengan tiga cara, okulasi, grasping sasuk, dan sambung pucuk. Okulasi dilakukan dengan menga-winkan potongan batang bawah dari bibit mangga lokal dengan mata tunas bibit mangga kio jay. Namun sebelum proses dilakukan, kulit keras pohon lokal harus dibuang.

Graspiiig susuk dilakukan dengar! menusuk potongan batang bibit pohon mangga lokal dengan batang pohon mangga kio jay. Setelah tumbuh pucuk.maka metode groupingsusuk dinyatakan berhasil.
Sedangkan teknik sambung pucak dilakukan dengan menyambung potongan bagian hawaii lutut pohon mangga lokal dengan batang pucuk bibit pohon mangga kio ja \ Masing-masing metode pembibitan ini memakan waktu selama lo hari.

Menurut Aji, pohon mangga kid jas temasuk tanaman yang bandel, sehingga tidak perlu perhatian ekstra Penyiraman tiap sore hari dan pemberian nutrisi tiap dua minggu sekali cukup untuk membual pohon mangga jumbo ini tumbuh baik.

Nutrisi perlu diberikan terutama di tahun pertama pertumbuhan Selanjutnya tanaman ini bahkan tidak perlu diberi pupuk, jika media tanah yang tersedia berkualitas bai!Jika dibutuhkan, menurut Aji, pupuk kandang berver-mentasi dan mengandung mikroba tanah adalah yang paling baik. Penambahan pupuk kandang akan menghasilkan humus yang dapat membantu menyuburkan tanah.

Dengan perawatan yang sederhana tersebut, budidaya mangga kio jay pun tidak membutuhkan banyak biaya.

Sumber : Harian Kontan
Dea Chadiza Syafina


Entri Populer