" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Pulang Membawa Cerita Sukses

Pulang Membawa Cerita Sukses

26/08/2011
Pulang Membawa Cerita Sukses

PADA 22 tahun lalu, Mansur remaja datang ke Kota Bandung untuk mencari rezeki. Mansur diamanatkan meneruskan jualan orang tuanya, yaitu warung mi instan dan bubur kacang-ketan hitam yang dirintis sejak tahun 1972. Warung mi instan dan bubur kacang milik ayahnya itu berada di daerah Dago Pojok. Ketika sudah mulai bisa mengelola, ayahnya kembali ke kampung halaman di Kab. Kuningan, Jawa Barat. Di tangan Mansur, warung itu berkembang pesat

Kini, Mansur (38), telah memiliki sebelas warung mi instan yang tersebar di Kota Bandung, di antaranya di daerah Dago, Titiran, dan Sekeloa. Warung-warungnya itu tergabung dalam satu nama, yaitu Kabita Group. "Bisa dilihatjuga kok di Facebook," katanya kepada wartawan. Jln. Diponegoro, Kota Bandung.

Mansur kini sudah tidak lagi berjualan. Dia di Bandung hanya setengah bulan untuk mengontrol warung-warungnya serta tiga rumah kosan miliknya di daerah Dago, Titiran, dan Sekeloa. Setengah bulan sisanya dihabiskan di Kuningan untuk mengontroltujuh kolam ikan guramenya dan lahan sawahnya.

Mansur adalah 1 dari 300 pedagang mi instan di kawasan Bandung dan sekitarnya yang turut dalam acara mudik bareng para pedagang mi instan. Mudik bareng itu didukung PT Indofood CBP (Consumer Branded Product) Sukses Makmur Cabang Bandung. "Saya sekaligus koordinator keberangkatan untuk 150 pedagang mi instan untuk wilayah Cicaheum sampai Ledeng," katanya.

Mansur menambahkan, di Bandung dan sekitarnya, ada 700 warung mi instan. Sebagian besar pedagangnya asal Kuningan. Ada juga yang dari Sumedang. "Di Kurungan, hampir di semua kecamatanada yang dagang mi instan. Tidak hanya di Bandung, tapi juga kota-kota lainnya di Indonesia," ujarnya.

Cerita sukses itulah yang membuat banyak warga Kuningan terus berdatangan ke kota-kota di Indonesia untuk berjualan mi instan. Tahun lalu yang ikut mudik bareng sekitar 240 orang. Tahun ini menambah jadi 300 orang lebih yang diangkut dengan enam bus," kata Mansur.

Sementara itu, General Manager PT Indofood CBP (Consumer Branded Product) Sukses Makmur cabang Bandung, Harry Tampi, menuturkan, tahun ini adalah tahun ke-9 PT Indofood mengadakan mudik bareng. 

Sumber: Pikiran Rakyat



Entri Populer