" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Pelaku UMKM masih terkendala pemasaran

Pelaku UMKM masih terkendala pemasaran

22/08/2011
Pelaku UMKM masih terkendala pemasaran

DEPOK - Tampaknya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Depok sulit berkembang. Pasalnya, salah satu unsur vital dalam pengembangannya belum terpenuhi yaitu masih adanya masalah pemasaran produk.

Hal tersebut diakui Ketua Asosiasi UMKM Kota Depok, Santoso. Menurutnya, hingga kini pemasaran dau permodalan tetap menjadi permasalahan yang harus dihadapi. Padahal, Depok memiliki keunggulan dan potensi dalam kualitas produk.

Sebagai langkah solusi, pihaknya tengah mengembangkan para pelaku UMKM di Depok adalah dengan proses berbagi pengalaman (sharing). Tentu, lanjutnya, dengan cara berkumpul dan berbagi ilmu oleh para pelaku UMKM yang sukses.

Pasalnya, upaya tersebut a-kan menjadi inspirasi dan membangun inovasi baru dalam mengembangkan usaha. Terlebih lagi, dari sebagian mereka terjun ke dunia UMKM dilatarbe-lakangi karena PHK.

"Jadi memang belum ahli di bidangnya. Mengenai sistem pemasaran, produksi dan permodalan masih sedikit pengalamannya. Jadi, dengan bertukar pikiran bisa menjadi nilai plus" katanya kepada wartawan. Minggu (21/8).

Dia menambahkan, rata-rata pelaku UMKM di Depok awalnya karena memiliki hobi dan sedikit modal. Sehingga dalam hal jaringan dan pemasaran produk belum cukup kuat.

Untuk itu, lanjutnya, dirinya mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Depok agar memfasilitasi para pelaku UMKM. Terutama, lanjutnya, dalam upaya meningkatkan inovasi kreatif dan memberikan pelatihan serta pembiayaan maupun kredit modal. Pihaknyajuga akan melakukan pendalaman agar UMKM agar bisa bergabung ke dalam koperasi.

Hal senada diutarakan Tim Ahli Entrepreneurship Pengabdian Masyarakat Universitas

Indonesia (Ul), Meswantri. Menurutnya, pelaku UKM industri kreatif memiliki peluang yang bagus di kota Depok. Terlebih lagi, imbuhnya, secara geografis tidak jauh dari Jakarta dan cukup potensial secara ekonomi. Hanya saja, peran Pemkot dalam melakukan pembinaan masih kurang.

"Mereka menginginkan pembinaan dan bukan sekadar pinjaman modal. Mulai dari marketing sampai dengan peningkatan mutu produk," terangnya.Sementara itu Kepala Dinas Pasar, Koperasi. UMKM Herman Hidayat mengaku, pihaknya selalu mengalokasikan anggaran untuk pengembangan UMKM. Untuk itu, pihaknya akan mendukung dan mcmber-dayakannya dengan baik.

"Kami dukung dan berdayakan UMKM di Depok untuk terus mewujudkan harapan mereka diantaranya masalah kompetensi UMKM, permodalan, dan pemasam, akan kami fasilitasi." tandas Herman." aan

Sumber : Koran Duta Masyarakat


Entri Populer