" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Budidaya Aglonna Bidadari

Budidaya Aglonna Bidadari

18/08/2011
Budidaya Aglonna Bidadari

Perlu Perawatan Ekstra agar sang Bidadari tetap Menyala

Aglonema bidadari membutuhkan Derawatan ekstra untuk bisa tampil prima. Walau cukup mudah, namun penyiraman, penjemuran dan pemberian suplemen harus dilakukan secara rutin. Dengan perawatan baik, untung yang diraih juga naik.

DENGAN pertumbuhan yang terbilang cepat, budidaya aglonema bidadai i bisa dikatakan mudah Bagi yang akun mulai membudidayakan tanaman hias nu lebih baik mencoba bibit aglonema bidadari berdaun lima.

Menurut Asli Sutanto, pemilik Ayu Nursery di Jakarta Timur, tanaman berdaun lima sudah dalam ki milisi stabil dan mampu beradaptasi dengan lingkungan baru. Dengan perawatan yang baik, bibit berdaun lima itu dapat menghasilkan anakan dalam waktu tujuh bulan sampai sembilan bulan.

Setelah anakan yang muncul dari honggo) dan sudah berdaun lima, harus dipisahkan dari indukan. Itu dilakukan agar indukan tidak terganggu pertumbuhannya dan mampu menghasilkan anakan baru lagi.
"Satu bulan setelah menghasilkan anakan pertama, aglonema bidadari biasanya sudah mampu menghasilkan anakan lagi danjumlahnya lebih l;ui satu," kata Mtu

Benny Zulkifli pemilik Bayu Nuresery di Bintaro, Tangerang menambahkan, media tanam untuk aglonema bidadari harus higienis, bebas bakteri Meh karena itu, media tanam seperti sekam dan eaeahan sabut kelapa perlu direndam dalam cairan anti baki eri selama tiga bulan.

Setelah bibit ditanam,perawatan nitin dilakukan dengan ixiiyiraman dan penyemprotan dua hari sekali Selain penyiraman,aglonema juga membutuhkan sinar matahari dengan penjemuran minimal tina hari sekaliNamun menurut Asni, sinar ultraviolet dai iai memperindah penampilan daun, sehingga penjemuran
Aglonema tidaksehat, warnadaun akandidominasisalah satuwarna saja.lebih baik dilakukan setiap hari mulai pukul (j pagi sampai 9 pagi.

Selain penjemuran, nursery biasanya menggunakan | iai. ir ii i atau jaring plastik 76% untuk menjaga asupan sinar ultraviolet Paranet berguna untuk menyerap kadar calvin yang riihagillran oleh sinar matahari.Selain sinar matahari, aglonema juga membutuhkan vitamin tambahan.

Pemberian vitamin dapatililaknkan satu nunggu sekali Marga suplemen vitamin t;inaman untuk aglonema R|.so.000 per botol untuk mengguna-.. an selama dua bulan sampai tiga bulan.Aglonema pma memerlukan sirkulasi udara yang baik. Jika tidak, maka rentan penyakit kutu putihsella hama |eius ulat. "Jikaterlalu lembab! jugamengakibatkan pertumbuhan bakteri dan jamur," kata Asni.

lengan perawatan baik, daun aglonema bidadari akan memancarkan kombinasi warna yanglengkap yaitu kuning,serta huan Warna balangimn pulih dengan kondisi daun yang tegak ke atas tanpa terlihat lemas.

Sedangkan aglonema tidak sehat, warna daun akan didominasi salah satu warna saja. Selain itu daun terlihat lemas, serta batang tidak berwarna putih bersih. Hanya dalam waktu enam bulan aglonema bidadari sudah memiliki lima daun Lui harganya sudah berkisar Rp ;i juta," kata Henny


Sumber: Harian Kontan
Dea Chadiza, Bambang Rakhmanto



Entri Populer