" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Bisnis Sewa Mobil Kebanjiran Rezeki

Bisnis Sewa Mobil Kebanjiran Rezeki

25/08/2011
Bisnis Sewa Mobil Kebanjiran Rezeki

JAKARTA. Musim mudik selalu membawa berkah bagi perusahaan rental mobil. Sebab, banyak pemudik memilih memakai mobil sewaan. Selain lebih nyaman, mobil sewaan juga bisa lebih menghemat biaya bila bepergian bersama keluarga. Alhasil, bisnis penyewaan mobil pun kebanjiran pesanan di Lebaran ini.

Tengok PT Cipaganti Citra Graha. Stanley William, Humas Cipaganti mengatakan, awalnya, Cipaganti hanya menyiapkan 200 unit mobil untuk disewakan Lebaran ini. Namun, 75% dari armada tersebut sudah disewa untuk keberangkatan 25-27 Agustus. Karena itu, Cipaganti menambah 60 armada untuk mengantisipasi permintaan.

"Penyewaan mobil tahun ini meningkat 30% dibandingkan dengan tahun lalu," ujar Stanley kepada KONTAN, Senin (22/8). Jenis mobil multipurpose vehicle (MPV) masih menjadi andalan Cipaganti, seperti Avanza, Xenia, dan Innova. Selain itu, Cipaganti juga menyiapkan sport utility reli ide (SUV) premium seperti Fortuner dan Pajero Sport.

Selain permintaan yang meningkat, Cipaganti juga mendulang berkah dari kenaikkan tarif sewa. Stanley menjelaskan, untuk Lebaran ini, perusahaan menaikkan tarif sewa sebesar 20%-25% dari harganormal. Sekadar contoh, untuk Lebaran ini, Cipaganti mengenakan tarif sewa Innova Rp 3,75 juta dan Avanza Rp 3,5 juta untuk satu minggu.

Bisnis rental Hadi Rent a Car juga mengaku ikut kecipratan untung di Lebaran ini. Handra Hussen, pemilik Hadi Rent a Car mengatakan, penyewaan mobil tahun ini melesat 45%. Maka, Hadi pun menambah 11 armada tahun ini dari armada yang telah dimiliki sebanyak 30 unit mobi. "Dari total unit yang tersedia, 98% sudah terpesan," tutur Handra yang menerapkan tarif sewa sebesar Rp 500.000-Rp 800.000 per hari.

Rata-rata setiap perusahaan rental mobil menikmati kenaikan permintaan. Contoh yang lain adalah rental mobil Griya Mobil Kita. Anna, pemilik" Griya Mobil bilang, di hari-hari biasa, tingkat penyewaan di perusahaannya paling tinggi 80%. "Tapi di saat Lebaran, bisa 100%," kata Anna.

Griya Mobil meningkatkan tarif sewa 30%. Misalnya, mobil Avanza yang biasanya disewakan dengan tarif Rp 300.000 per 12 jam, untuk Lebara ini, naik menjadi Rp 390.000. Sementara tarif sewa Kijang Innova naik dari Rp 400.000 per 12 jam menjadi Rp 520.000 per 12 jam.

Sumber : Harian Kontan
Monlka Novena



Entri Populer