" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Bisnis Aglonema Bidadari

Bisnis Aglonema Bidadari

16/08/2011
Bisnis Aglonema Bidadari (I)

Laba Menjulang Tinggi dari Sang Bidadari
Pamor tanaman aglonema belakangan memang mulai merosot. Harga tanaman hias ini juga tak secemerlang dahulu. Walau begitu pembudidaya aglonema jenis bidadari masih meyakini, tanaman hias ini masih mampu mendatang fulus nan lumayan gede.

SEMPAT hilang pamor, man luas aglonema khususnya jtiiis uni.. atau bidadari, kini bergairah lagi. Pebudidaya tanaman Ihils nu yakin aglonema bidadari masih memiliki peminat Meski ada penurunan, tapi aglonema bidadari masih banyak peminat dan masih berkelas, kataAsni Sutarno, pemilik Ayu ty di Jakarta Timur,

Asni mengakui, harga aglonema bidadari memang sol sekitar 2/3 dari tahun-tahun sebelumnya Jauh jika dibanding] dengan harga tahun 2006 2007 yang tembus hingga Rp 60 juta 1 batang. Bahkan pada masa keemasan itu, aglonema bidadari dijual per daun. Harga pei daun mencapai rita Sedangkan saat ini, aglonema bidadariii 10 buah daun dijual dengan harga Rp 3 juta. I ntuk indukan dengan satu alan lebih anakan dijual dengan harga Kp 20 jutaan.

Penurunan harga aglonema bidadari, menurut Asni. karena daya beli pecinta tanaman berkurang tajam. Apalagi, dulu kenaikan harga aglonema lebih didorong gengsi atau prestise Namun kini, peminat tanaman aglonema adalah orang yang memang hobi dan cinta uuiaman, tanpa embel-embel nilai gengsi. hulu tanaman nu bisa untuk hadiah bernilai tinggi,tapi sekarang seperti] tidak lagi, keluh Asni.

Penurunan harga aglonema otomatis membual omzet Asm juga menurun. .hka tahun lalu, dai i penjualan aglaoii

Imi.nian, ia mengakumampu mei omzetipai Rp 500 Juta per bulan. Saal nn. hanya sebesar Rp 200 juta per bulan Namun, hanya dari menjual aglonema iia mengaku insa membeli tiga nursery. lleh karena itu, Asni

Asni tetap optimis hargaaglonema bidadari lambatlaun bisa menjulang lagi.piiinisiis harga aglonema lambat laun bisa menjulang lagi Sebab, li samping masih peminat, tanaman ini memang masih bernilai jualmy Zulkifli, pemilik Bayu Nursery di Bintaro, Jakarta, juga seoptimis Asni. Walau mengalami penurunan omzet dibanding tahun-tahun sebelumnya,yakin akanprospek aglonema bidadari.

Jika daiu. Benj mampu meraih omzet hingga Rp 150 juta per bulan dari penjualan aglonema, kim omzet im mk,ls tinggal Rp 100 juta hingga Rp 160 juta pet bulan mzet nu didapatnya flan penjualan aglonema bidadari sekitar Rp 3,6 juta hingga Rp l." juta perhan omzet tersebut, laba bersih yang mampu dikantongi Benny meni apn 30%.

Selain membudidayakan sendiri, Bennj mendatangkan tanaman aglonerria dari i hailand, Ia mengaku mendapat benih aglonema dengan harga relatif murah lan memiliki jenis bi 11 cam-macam dari Negeri ih Putih im "i Intuk menjaga harga agai tetap bersaing dengan penjual aglonema lain, katanya

Hami inianaglonema miliki Bennj I dari Thailand. Benny mengaku ten gila  mema bidadari karena tanaman ini.miliki ciri khas yang unikdibandingkan dengan aglonemajenis lam Daun aglonema bidadari memiliki tiga warna, berbeda dengan jenis lainnya yang hanya satu alan dna nama.

"Jadi warna untuk semuajenis aglonema ada dima bidadari,* terang Benny, Selain ttu aglon bidadari memiliki daun yang lebar dan tidak ditumbuhi bunga. Karena bunga malah menghambat pertumbuhan daun

Sumber : Harian Kontan
Bambang Rakhmanto, Dea Chadiza

Entri Populer