" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Jadi Jutawan dari Ikan Bawal

Jadi Jutawan dari Ikan Bawal


>>>>>>Jadi Jutawan dari Ikan Bawal
BERMULA diri kecelakaan dan sempat jatuh bangun menanggung kerugian sebelum akhirnya menjadi jutawan karena ikan bawal. Dia adalah Ance Trio Mara, meski tidak banyak anak muda, apalagi mahasiswa, yang meyakini masa depan perikanan. Sarjana perikanan pun banyak yang memerah dan memilih usaha lain.

Tetapi. Ance Trio Mana yang waktu itu mahasiswa-sekitar tiga tahun lalu-yakin bahwa perikanan itu "seksi" dan potensial. Keyakinan itu membawanya sukses dan terpilih sebagai juara I Wirausaha Muda Mandiri 2010.menurutnya, ketertarikan Ance di bisnis ikan dimulai dari kecelakaan. "Waktu itu, 18 September lays mengantar teman membeli tanah," ujar Ance menceritakan perjalanan pertamanya ke Desa Cibuntu Kulon, Kecamatan Ciampea, Bogor, Jawa Barat.

"Waktu itu, saya lihat ada bak sampah di bekas kolam yang tidak dipelihara. Kolam itu kemudian savj sewa Rp 300.000 per tahun. Luasnya sekitar SX meter persegi, tuturnya.

"Saya coba menebar ikan lele, tetapi empat kah rugi. Mva pindah ke kolam lain dan berhasil, kenangnya. Bekas kolam itu kini menjadi kolam pembibitan ikan bawal. Sceara matematis, tiap induk menghasilkan 200.000 anakan. Anakan umur seminggu dijualnya seharga Rp 10 per ekor. Ance memiliki ratusan ekor induk, jadi bisa dihitung pendapat annya. Kunci dan keberhasilannya adalah membuat sistem bisnisnya lebih dulu. Kini dia mempunyai plasma 12 orang dan petani larva 23 orang di sejumlah wilayah di Jawa Barat.

Sumber : Berita Kota

Entri Populer