" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Prospek Industri Kreatif di Tahun Kelinci

Prospek Industri Kreatif di Tahun Kelinci


(Sekilas Info)Prospek Industri Kreatif di Tahun Kelinci

Liem Boen Hong, Praktisi Feng Shui, Dosen Universitas Maranatha Bandung
Tahun Kelinci Emas yang dimulai 3 Februari 2011 mendatang, menurut kalender lunar memiliki dua elemen. Keduanya adalah elemen ogam negatif (logam yin) dan elemen Kayu negatif (kayu yin) merupakan energi yang disimbolkan dengan binatang kelinci (shio).

Menurut hubungan lima elemen, logam dan kayu merupakan hubungan destruktif. Elemen logam dapat memotong atau menghancurkan kayu. Ini sama dengan hubungan yang terjadi saat tahun Macan Emas 2010. Hanya saja berbeda karakteristik. Saat itu konflik antara elemen logam dan kayu yang sama-sama positif.

Menurut kacamata ilmu feng-skui, industri kreatif termasuk dalam bidang usaha seni, yang tergolong elemen kayu. Kreativitas dalam dunia seni tidak ada batasnya

Hal ini identik dengan pohon yang memiliki cabang dan ranting tidak terhingga banyaknya. Kreativitas bertumbuh terus, identik dengan pertumbuhan pohon yang terus bercabang ke segala arah, berkesinambungan dan berkembang tiada henti.

Hampir semua bidang usaha bisa dikategorikan industri krea-tif. Industri perumahan termasuk salah satu contoh. Perumahan atau real estat memiliki elemen yang lebih dominan, yaitu tanah. Tahun ini industri perumahan akan tetap gencar menciptakan inovasi atau ide ide baru sesuai selera dan keinginan pasar.

Sedangkan industri lain yang termasuk dalam kategori elemen tanah adalah industri film, perhiasan (jewelery) dan industri keramik. Ketiga industri ini akan mengalami keadaan yang sama dengan industri perumahan. Jadi termasuk industri yang tahun ini terus berkembang, namun banyak tantangan yang harus dihadapi guna meraih peningkatan secara signifikan.Singkat kata, industri yang tergolong tanah akan mengalami kondisi stagnan dan prospektif. Sayangnya, kurang memberikan keuntungan.

Logam mulia berkilau

Industri kreatif lain yang memiliki karakteristik elemen kayu adalah industri kerajinan kayu atau rotan. Arsitektur dan interior (furnitur), tekstil dan konveksi (fashion, garmen), video dan animasi, seni murni serta desain grafis juga masuk area ini.

Nah, tahun ini industri-industri di atas termasuk yang akan mengalami keadaan menurun. Ini kare-na mereka harus berkonflik elemen kayu dan logam. Mereka harus melalui dan mengantisipasi sejumlah tantangan agar prospek industri kreatif yang tergolong elemen kayu ini tetap bisa meningkat lebih baik.

Tantangan itu berasal dari pengaruh, baik domestik maupun global. Seperti kelangkaan bahan baku dari negara lain, masalah inflasi, infrastruktur, perubahan iklim, politik dan hukum serta masih banyak lagi.
Sedangkan industri advertising, seni peran {performance arts), musik dan rekaman, televisi dan radio, perangkat lunak serta industri games termasuk dalam kategori elemen air. Air merupakan elemen yang dapat menetralkan segala energi konflik antara logam dan kayu.

Sayangnya,1 elemen air tidak muncul di tahun 2011. Itu sebabnya industri-industri di atas akan mengalami kondisi yang kurang menguntungkan pada tahun kelinci emas tersebut.

Sedangkan industri paling prospektif adalah yang menggunakan bahan baku logam. Sebut saja industri perhiasan logam mulia, atau seni patung berbahan baku logam seperti yang menjadi ciri khas pematung ternama asal Bali, I Nyoman Nuarta. Industri-industri ini akan mengalami banyak manfaat, kemajuan, keuntungan, sepanjang tahun ini. Selain itu yang termasuk kategori industri logam adalah industri otomotif, industri besi dan baja, industri berbasis aluminium dan sejenisnya.

Analisis di atas berdasarkan prinsip keseimbangan dalam ilmu Jengshui, khususnya metode empat pilar delapan elemen. Metode ini menganalisis elemen yang ada mengacu pada hubungan lima elemen (hubungan produktif dan destruktif). Hasil analisis tentu tidak bersifat mutlak, namun perhi dicermati sebagai pedoman atau acuan guna mengantisipasi tantangan demi tantangan yang semakin lama semakin besar.

Jika tantangan dan risiko bisa diantisipasi dengan baik, hal ini tentu akan menunjang kemajuan ekonomi sektor industri kreatif yang lebih padat karya, banyak menggunakan bahan baku domestik, serta berorientasi pada kreativitas anak bangsa. Dan pada akhirnya juga akan menunjang ekonomi Indonesia agar bersinar lebih cerah. Semoga

INFO PASAR SENI LUKIS INDONESIA:http://artkreatif.net/

Entri Populer