" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Wirausahawan ditargetkan capai 1% dari penduduk

Wirausahawan ditargetkan capai 1% dari penduduk



Pemerintah menargetkan t.ihun ini jumlah wirausahawan mencapai I % dari jumlah penduduk 237.6 juU jiwa, sementara Hipmi menilai program kewirausahaan harus menjadi gerakan massal.

Menkop UKM Sjariludin Hasan mengatakan pihaknya siap menggenjot kewirausahaan pada tahun ini agar mendekati porsi 1 % dari total penduduk 237,6 juta jiwa dengan menggandeng lembaga pendidikan dan korporasi untuk mencetak wirausaha baru.

"Tahun lalu baru terdapat sekitar 0.18% dari jumlah penduduk dan nada tahun ini akin diupayakan agar porsinya bisa mendekati 1%," katanya kemarin Dia mengakui tidak mudah mencetak wirausaha baru yang memiliki jiwa kewirausahaan yang kuat, tetapi akan terus diupayakan dengan meningkatkan pendidikan dan pembinaan kewirausahaan oleh seluruh kementerian, serta menggandeng seluruh pemangku kepentingan dan pengusaha.
Menurut Menkop peningkatan jumlah wirausahawan akan tumbuh lebih cepal yang ditopang meningkatnya kesadaran di kalangan akademisi tentang pentingnya kewirausahaan dan telah masuk dalam kurikulum di perguruan tinggi.

Potensi pertumbuhan wirausaha baru juga menjadi semakin besar dengan adanya berbagai kegiatan pelatihan, pendiri-an inkubator bisnis dan penghargaan bagi wirausaha baru yang merangsang minat generasi muda untuk berwirausaha.

Pada 201D dari program Kemenkop saja telah diberikan pelatihan kewirausahaan Ivigi 7.693 sarjana dan sudah ada 1.249 orang yang mengajukan propos.il rencana bisnis yang mayoritas memiliki poten i usaha layak untuk dikembangkan dan didukung pembiayannva.

"Kami menargetkan peningkatan jumlah wirausaha baru minimalnya 1.000 sirjana wirausaha setiap tahunnya dengan mengintensitkan pelatihan dan pembinaan sampai proses bisnisnya."
Erwin Aksa, Ketum Himpunan pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) mengatakan program kewirausahaan harus gerakan massal untuk mencapai iar get tersebut. rogram yang akan diluncurkan oleh Presiden SBY pada ami Februari 2001 merupakan bagian dan gagasan organisasi pengusaha muda nasional tersebut.
Selain pencanangan gerakan eiitrepw-iwurships secara asmi oleh PresidenSBY, Hipmi juga akan melakukan hal sama pada waktu berbeda yang dipusatkandi Bandung. Jabar pada Jum.

"Dukungan itu karena sulit melihat Indonesia yang bermetamorfosis menjadi negara maju bila jumlah pengusahanya masih .sedikit," ujarnya kemarin. Berdasarkan kajian, sebuah negara akan berkembang dalam sektor usaha jika telah memiliki pelaku wirausaha sebesar 2% dari jumlah penduduknya.

INFO PASAR SENI LUKIS INDONESIA:http://artkreatif.net/

Entri Populer