" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Wirausaha Solusi Atasi Pengangguran

Wirausaha Solusi Atasi Pengangguran

WIRAUSAHA dianggap salah satu solusi utama mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan. Sayangnya, Indonesia masih ketinggalan dalam mengembangkan jiwa wirausaha di kalangan masyarakatnya.

"Masyarakat Indonesia yang menggeluti dunia wirausaha jumlahnya hanya sekitar 1 persen dari 230 juta jiwa penduduknya. Padahal jiwa kewirausahaan itulah yang diharapkan menjadi motor penggerak roda pereko-mian negara," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di sela-sela Temu Nasional Bidang Ketenagakerjaan dan Kctransmigrasian di Istana Wakil Presiden, Jakarta, kemarin.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Wapres Boediono. Dalam kesempatan itu. Muhaimin menyerahkan buku "Transmigrasi Bisa" kepada Wapres. Selain itu, dilaksanakan pemberian penghargaan Kualitas dan Produktivitas Paramakarya tahun 2009 oleh Wapres RI kepada 14 perusahan kategori usaha kecil dan menengah.

Muhaimin melanjutkan, kemampuan sektor formal dalam penyerapan tenaga kerja sangat terbatas yaitu hanya 37 peresen dari seluruh orang yang bekerja. Sementara sektor informal menyerap 63 persen. Oleh karena itu, ke depannya kewirausahaan mesti didorong melalui program-program pemerintahan dari pusat hingga daerah serta melibatkan pihak swasta dan masyarakat

"Nantinya, upaya mendorong dan mengembangkan wirausaha akan menjadi suatu gerakan nasional yang didukung semua pihak. Untuk awalnya Kemena-kertrans bekerja sama dengan Menteri Koperasi dan UKM serta Mendagri," kata Muhaimin. Menakertrans menjelaskan pihaknya sudah sejak lama menerapkan program-program yang mendorong kewirausahaan baik di bidang ketenagakerjaan dan ketransmigrasian Di antaranya program padat karya, pemberdayaan tenaga kerja mandiri, pendayagunaan tenaga pemuda mandiri profesional (TKPMP), pemberdayaan masyarakat melalui terapan teknologi tepat guna, pengembangan institusi lokal, dan *.
tenaga penggerak perluasan kesempatan kerja pedesaan (TP2K2P).

"Selain itu, Kemcnakertrans mengembangkan kerja sama dengan para pengusaha nasional di antaranya Ciputra dan pihak akademisi perguruan tinggi untuk melatih pejabat dan instuktur dari 219 Balai Latihan Kerja (BLK) sehingga bisa menyebarkan kewirausahaan," kata menteri asal PKB itu.

Di bidang ketransmigrasian, wirausaha menjadi bagian integral dari pembangunan kawasan transmigrasi dan Kola Terpadu Mandiri (KTM) di seluruh Indonesia. Dimulai dari tahap perencanaan, pelatihan, bimbingan teknis, pemberian bantuan modal dan pendampingan usaha serta kerja sama dengan investor.

"Proses pengembangan kewirausahaan melibatkan semua pihak, mulai pemerintah pusat, pemda provinsi, kabupaten/kota, investor, pengelola hasil usaha dan pemasaran, lembaga keuangan dan perbankan serta semua orang yang memliki kepedulian tinggi terhadap pengembangan kewirausahaan di Indonesia," kata Menakertrans.

Wapres Boediono dalam kesempatan itu mengatakan, saat ini tingkat pengangguran masih relatif tinggi, yaitu berkisar pada 8.1 persen dari angkatan kerja. Pemerintah berharap, di tahun 2014 angka pengangguran bisa diturunkan menjadi 5-8 persen. "Penggangguran itu bisa diturunkan dengan meningkatkan kualitas lapangan kerja, tidak hanya kuantitas lapangan kerja itu sendiri," tandas Boediono. (sumber rakyat merdeka)

Entri Populer