" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Koperasi Ajarkan Kebersamaan, Kesetiakawanan Dan Keadilan

Koperasi Ajarkan Kebersamaan, Kesetiakawanan Dan Keadilan

Masyarakat seringkali dihadapakan kesulitan pinjaman, baik itu untuk modal usaha maupun kepentingan lain yang sifatnya mendesak. Keterbatasan akses kepada sumber permodalan menjadi penyebab kesulitan mencari dana segar. Untuk itu, salah satu koperasi yang bergerak disektor keuangan, yakni Koperasi Simpan Pinjam (KSP) atau Unit Usaha Simpan Pinjam ( USP) menjadi solusi terbaik, sebagai fasilitator dan mitra usaha.

KOPERASI tidak hanya sekedar menyediakan dana, tapi juga melakukan pembinaan bagi yang melakukan kegiatan usaha. Pentingnya keberadaan koperasi dirasakan juga oleh karyawan PT Pertamina di Sumatera Selatan. Mereka membentuk Koperasi Wanita Petra Pertamina RUIN Palembang, Sumsel, dengan tujuan awal membantu karyawan Pertamina.

"Koperasi mempunyai peran yang cukup penting membantu karyawan di perusahaan ini," kata Ibu Hje, Ketua Koperasi Wanita Petra Pertamina RU-III, Plaju, Palembang. Menurutnya, Koperasi Wanita Petra Pertamina RU-III bergerak dibidang simpan pinjam dan telah berdiri lama. Kata dia, hingga saat ini, koperasi mampu melayani kebutuhan anggotanya.

"Peminjam kebanyakan dari kalangan pegawai dan tenaga kerja outsourcing. Dalam perjalanannya, koperasi ini, cukup membantu banyak anggota," jelasnya. Kata dia, anggota tidak perlu mendapatkan pinjaman melalui perbankan yang dinilai cukup berbelit-belit dan membutuhkan banyak persyaratan. Di koperasi ini, anggota diberikan kemudahan mendapatkan pinjaman.

"Setiap anggota bisa meminjam Rp 20 juta per orang, sementara untuk kelompok bisa meminjam sebesar Rp 800 juta," katanya. Keberadaan koperasi di lingkungan kerjanya, kata dia, dinilai sebagai upaya mendorong karyawan agar bisa meneladani nilai-nilai koperasi. Nilai yang dimaksud, seperti nilai berdikari (swadaya), demokrasi, kebersamaan, keadilan dan kesetiakawanan.

"Nilai-nilai dasar itulah yang menjadikan koperasi Pertamina tetap eksis," katanya.
ntuk menggairahkan para anggota, Koperasi Wanita Petra Pertamina RU-III rupanya mempunyai cara tersendiri setiap tahunnya, yaitu memberikan hadiah pada para anggota. Cara unik yang dinilai mampu meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya koperasi, yaitu sumbangan, hadiah bagi penabung aktif dan penghargaan bagi karyawan teladan.

"Partisipasi anggota sebagai pemilik dan pelanggan koperasi cukup aktif dalam setiap Rapat Anggota Tahunan (RAT). Kami pun memberikan beberapa penghargaan, tujuannya, anggota koperasi terpacu menjalankan praktek berkoperasi," katanya. Selain itu, keberadaan koperasi sekaligus melakukan pem-belajaran pada pengurus serta anggota dalam hal organisasi dan manajemen usaha. Hampir setahun sekali digelar rapat anggota di mana anggota saling menyumbangkan pikiran

"Visi baru koperasi adalah meningkatkan perhatian terhadap kepuasan anggota sebagai pelanggan melalui strategi pelibatan dan pemberdayaan anggota pengurus dan karyawan (front line staff)," katanya. Sementara itu, Menteri Negara Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Menkop dan UKM), Syarief Hasan menyatakan koperasi adalah basis tumbuhnya usaha produktif di akar rumput termasuk di perusahaan-perusahaan. Di mana, dengan berkoperasi bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

"Berkembangnya usaha skala kecil dan menengah yang memiliki keunggulan kompetitif berbasis sumber daya lokal dan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Syarief dalam acara pengarahan Musrenbang Koperasi dan UKM baru-baru ini.

Syarief juga menjelaskan, peran koperasi dapat memperkuat perekonomian domestik termasuk di perusahaan tempat koperasi berdiri. Manfaat lainnya, membangun struktur nasional yang lebih seimbang, meningkatkan ekspor dan menciptakan lapangan kerja.

"Pengembangan produk dan pemasaran bagi Koperasi dan UMKM yang diarahkan untuk mengembangkan produk yang berkualitas, inovatif dan kreatif untuk bersaing di pasar domestik dan mancanegara," katanya.

Entri Populer