" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Industri Kreatif Terkendala Pembiayaan

Industri Kreatif Terkendala Pembiayaan

Pengembangan industri kreatif masih terkendala pembiayaan. Lembaga pembiayaan, terutama bank, masih ragu-ragu memberikan pinjaman modal usaha karena belum ada kepastian pendapatan. "Umumnya tidak bankable karena sulit dinilai income stream-nya, apakah mereka bisa berhasil melakukan penjualan yang suistainable," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu usai peluncuran Portal Indonesia Kreatif di Balai Sidang Jakarta, Rabu (23/6).

Mari menambahkan, hal itu disebabkan kurangnya pemahaman perbankan mengenai industri kreatif. Pemerintan melakukan pembicaraan khusus mengenai pembiayaan ini dengan diskusi kelompok yang terdiri dari perbankan, Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Industri kreatif dibina sampai dengan penyediaan wahana penjualan. Pembinaan ini dilakukan sampai induistri kreatif tersebut memiliki pasar luas, seperti masuk ke Sarinah atau Alun-Alun Indonesia. Wakil Presiden Boediono mengajak semua pihak terus mencintai dan membeli produk dalam negeri. Hal itu seiring dengan perkembangan yang menggembirakan dalam kemajuan industri kreatif Indonesia saat ini, yakni mencapai 7,6% dari produk domestik bruto (PDB). "Ini akan kami proyeksikan menjadi 8% hingga 9% dalam beberapa tahun ke depan," ujar Boediono saat membuka pameran Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPBI) di Jakarta Convention Centre (JCC) Jakarta, Rabu (23/6). (mil)

Entri Populer