" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Hipmi tolak penaikan tarif dasar listrik berpengaruh terhadap ukm

Hipmi tolak penaikan tarif dasar listrik berpengaruh terhadap ukm

JAKARTA Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menolak penaikan tarif dasar listrik (TDL) khususnya untuk kalangan industri kecil menengah maupun terhadap pelaku usaha kecil menengah mulai 1 Juli 2010. Dalam pandangan Hipmi, kenaikan tersebut akan berdampak negatif bagi perekonomian nasional, karena memengaruhi kinerja IKM dan UKM.

"Penaikan ini akan sangat memukul IKM dan UKM. Apalagi rencananya akan disusul dengan penaikan harga gas," ujar Ketua Umum Hipmi Erwin Aksa yang juga anggota Komisi Ekonomi Nasional (KEN), kemarin. Hipmi khawatir penaikan TDL dapat berdampak negatif bagi pereko-nomian, karena komponen biaya listrik akan membuat biaya produksi semakin menggelembung, sedangkan insentif kepada UKM dan IKM ini masih minim.

Ketua Bidang Energi BPP Hipmi Dave Laksono meminta agar pemerintah dan PT Perusahaan Listrik Negara menaikkan TDL hanya untuk segmen menengah atas. "Jadi, segmen-segmen produktif dan mikro seperti UKM dihindari. Ini sudah sangat memberatkan," tegas Dave.

Penaikan tarif listrik, katanya, kian melengkapi lemahnya daya saing UKM Indonesia menghadapi perdagangan bebas Asean-China (ACFTA). Hipmi juga khawatir penaikan ini akan memicu peningkatan pengangguran. "Faktanya lebih dari 90% angkatan kerja diserap oleh sektor informalseperti UKM tentu ini akan memicu angka pengangguran baru," tegas dia.

Sebagai dukungan terhadap pelaku sektor riil atas rencana pemerintah menaikkan TDL, hari ini, Hipmi menyelenggarakan seminar bertema Menolak Kenaikan Tarif Dasar Listrik Untuk Pelaku IKM dan UKM.
Sesuai informasi yang disampai-kan dari staf Humas Hipmi kepada Bisnis, seminar akan menghadirkan, antara lain Faby Tumiwa, pemerhati masalah kelistrikan nasional, dan Dave Laksono sebagai Ketua Bidang Energi Hipmi Pusat.

Seminar yang melibatkan kalangan pengusaha dijadwalkan dipandu dan dibuka langsung oleh Ketua Umum Hipmi Erwin Aksa, dan dilaksanakan di Hipmi Center, Gedung Palma One Lantai 10 di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan.sumber (bisnis indonesia)

Entri Populer