" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Usaha Franchise Kian Diminati

Usaha Franchise Kian Diminati

Usaha Franchise kian diminati. Pemerintah juga terus mendorong agar usaha kecil dan menengah (UKM) mengembangkan usahanya lewat jalur waralaba {franchise). Kementerian Perdagangan, misalnya, dalam bulan Juni mendatang kembali menggelar pameran 1FRA 2010 di Jakarta Convention Center (JCC).

Diah Yusuf. Koordinator TDA Franchise, mengatakan, komunitas bisnis tersebut Juga akan mengikutsertakan 10 anggotanya dalam pameran Internasional di bidang/ranchise tersebut. Saat ini, katanya. TDA sedang mengundang anggotanya untuk mengikuti ajang pameran akbar Itu.Namun, menurut Diah Yusuf, karena tempatnya terbatas, maka tidak seluruh peminat bisa diikutsertakan. TDA akan melakukan seleksi untuk memilih wakilnya padaJFRA 2010.

Dikatakan, keterlibatan komunitas bisnis Tangan DI Atas (TDA) dalam IFRA sudah berlangsung sejak tahun 2008 melalui kerjasama dengan Kementerian Perdagangan.TDA Franchise pun dibentuk setelah melihat keseriusan pemerintah dalam mengembangkan usaha franchise. Kita ingin UKM yang tergabung dalam TDA dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan pemerintah, baik melalui Kementerian Perdagangan maupun Kementerian Negara Koperasi dan UKM," tambah Diah.

Saat ini, TDA Franchise memiliki 30 anggota aktif, dari sekitar 60 anggota yang terdaftar. TDA sendiri beranggapan franchise perlu dikembangkan secara serius karena dapat mempercepat pengembangan UKM. disamping menyediakan peluang bisnis bagi masyarakat yang mau terjun dalam usaha mandiri.Diah mengatakan, banyak kegiatan yang dilakukan untuk membantu pengembangan franchise di lingkungan TDA, di antaranya, dengan mengadakan gathering, pelatihan dan pameran."Untuk tahun 2010 saja, kita sudah dua kali mengadakan gathering dengan mengundang nara sumber dari kalangan ahli dan praktisi sukses. Melalui kegiatan itu. kita bisa sharing dan membangun Jaringan kerja yang luas," ujarnya.

Selain itu, TDA Franchise mengadakan pelatihan tentang bagaimana membuat SOP; membuat perjanjian bisnis waralaba dan form aplikasi hingga bagaimana caranya mewaralabakan bisnis anggota XDA. Serta kerjasama dengan pihak pemerintah. TDA Juga memperoleh fasilitas untuk mengikuti pameran secara gratis.

"Bahkan, kita membagi-bagikan contoh SOP kepada anggota agar bisa dijadikan balian sharing dengan konsultan franchise ternama/tambahnya.Hingga kini, sudah ada sejumlah anggota TDA yang memiliki franchise dan telah berjalan cukup baik, di antaranya, DokterKomputer.com dan Qlmos Parfume. Tapi, kebanyakan franchlse-nya bergerak di bidang kuliner." ujar Diah Yusuf.Dia Juga menambahkan, saat ini beberapa franchise lokal yang sudah sukses Juga memberi dukungan untuk pengembangan franchise di lingkungan TDA.

Entri Populer