" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Peluang Pasar TerusTerbuka, Pebisnis Siap Ekspansi

Peluang Pasar TerusTerbuka, Pebisnis Siap Ekspansi

INDUSTRI arena bermain secara global sempat mengalami penurunan pada 2009. Namun, tahun ini industri hiburan ini siap untuk maju dan ekspansi. Demikian kesimpulan AECOM dan Themed Entertainment Association (TEA I dalam laporan 2009 Theme Index The Global Attraction Attendance Report. Hasil kajian yang dipublikasi (14/05/10) tersebut mengungkapkan, tahun 2010 industri arena bermain akan pulih dan beramai-ramai ekspansi ke pasar yang baru.

Survei yang dilakukan secara global im menemukan Amerika Utara berada di urutan ke-12 dari 25 industri arena bermain terbaik di dunia. Sedikit ke wilayah timur. meskipun terkena dampak penurunan global. Asia masih melanjutkan kinerja sebagai kawasan paling cepat pulih dan paling menjanjikan pertumbuhannya

"China adalah kunci pembangunan di Asia dibandingkan negara manapun di dunia. Pembukaan Universal Studio di Singapura pada kuartal 1/2010 menunjukkan dekade baru Asia. Di mana Asia akan mendominasi di masa mendatang," ujar Regional Director of AECOM Perwakilan Asia Christian Aaen.

Laporan The TEAAECOM Attraction Report ini mengidentifikasi arena bermain komersial yang paling populer dan inuerparidi seluruh dunia yang mewakili kinerja industri tahun lalu. Meskipun secara global, tingkat kunjungan ke arena bermain mengalami penurunan. Namun buktinya tantangan ini bisa dikelola industri arena bermain sehingga bisa melewati badai resesi yang bahkan kinerjanya mampu melampaui sektor industri lain. "Lebih banyak industri taman bermain terkena dampak resesi," ujar Senior Vice President AECOM Ray Braun.

Namun strategi industri untuk tetap mempekerjakan karyawannya secara berkelanjutan sehingga membuat kinerja tetap berjalan bahkan men jadi semakin menarik. Mulai dengan beragam rein vestasi untuk pengalaman pengunjung, strategi marketing yang strategik hingga membangun hubungan dengan pelanggan.

Di kawasan Timur Tengah menurut Direktur AECOM David Camp, memiliki ekspektasi tinggi atas Dubai dan Uni Emirat Arab. Sebagaimana Ferrari World di Abu Dhabi yang akan dibuka tahun ini, tapi bayangan masa depan masih tampak belum jelas hingga situasi ekonomi stabil.

Sedang di kawasan Eropa, taman bermain setempal masih tetap mampu mempertahankan angka kunjungannya dengan beberapa pengecualian. Direktur AECOM Ledq Monsetri menyatakan se-cara keseluruhan tahun 2009 adalah masa yang cukup mengun tungkan bagi industri taman bermain di Eropa.

Dari kawasan Amerika Latin, meskipun ada beberapa tantangan namun ada tanda-tanda penumbuhan industri dan pembangunan di kawasan. Khususnya untuk wilayah Brasil dan Meksiko. Demikian menurut Senior Associate AECOM Edward Shaw Dalam industri l aierpark juga menunjukkan penumbuhan pasar yang cukup menarik. Menurut Edward Shaw, industri waterpark buktinya mampu mempekerjakan tenaga kerja di AS secara signifikan pada 2009, hampir setara dengan kondisi pada 2008.

Meskipun banyak tantangan, beberapa perusahaan waterpark seperi] Chimelong Water Park i China i. Wet V Wild Water Worldl Australia) and Ocean World (Korea Selatan) mampu mencatatkan angka penumbuhan pengunjung antara 4-12,5%.

Data TEA menyebutkan secara keseluruhan angka total kunjungan pada 25 arena bermain terbaik di dunia sebanyak 185,6 juta kunjungan atau menurun 02 - dibandingkan tahun 2008. Di kawasan Amerika Utara tercatat sebanyak 121,4 juta kunjungan pada 20 are-na bermain terbaik di kawasan itu atau menurun 1,1% dibandingkan tahun 2008. Sejak tahun 2005 ting-katkunjunganke20arena bermain terbaik Amerika Utara itu meningkat 2,8%.

Angka kunjungan ke 20 arena bermain terbaik di kawasan Eropa tercatat sebanyak 57,3 juta. Angka ini meningkat 7,3% sejak tahun 2005 Kemudian untuk angka kunjungan terhadap lOarena bermain terbaik di Asia tercatat sebanyak 65,5 juta atau menurun 3,5" di bandingkan tahun 2008. Namun dengan statistik kunjungan ke 15 laman bermain terbaik di Asia, total kun jungan sebanyak 7 7,6 j uta pada tahun 2009 menurun 2,9% dibandingkan tahun 2008.

L ntuk kawasan Amerika Latin dan Meksiko total kunjungan pada 10 taman terbaik di kawasan itu sebanyak 12,3 juta atau naik 13% dibandingkan tahun 2008. Lebih beruntung adalah angka kunjungan terhadap 20 icaitrpark terbaik di dunia yang mencatat sebanyak 20,7 juta pada tahun 2009atau naik 2,1% dibandingkan tahun 2008 Total kunjungan terhadap 1S wa-lerparkxti baik di AS sebanyak 12,8 juta atau naik }% dibandingkan tahun 2008 atau naik 11.6% dari tahun 2005

Urutan 1-25 arena bermain terbaik di dunia menurut TEA di antaranya adalah urutan pertama
Magic Kingdom di Wait Disney World Lake Buena Vista, FLo-nda.AS dengan total angka kunjungan 17,2 juta kunjungan pada tahun 2009.

Kemudian urutan kedua Dis-neyland di Anaheim, California AS dengan kunjungan 15,9 juta. Peringkat ketigajokyo Disney land di Tokyo, Jepang, dengan kunjungan 13,6 juta. Urutan keempat Dis neyland Park di Disneyland Paris Marnela-Valke, Prancis dengan kunjungan 12,7 juta. Urutan kelima Tokyo Disney Sea di Tokyo, Japan dengan kunjungan 12 juta.

Sementara top 15 arena bermain un tuk kawasan Asia Pasilik di an taranya, Tokyo Dismryland.Tokyo, Jepang (1), Tokyo Disney Sea, Tokyo, Jepang(2). Universal Stu-dini Japan, Osaka.Jepangi 31.1 land, Gyeonggi-bo, Korea Selatan (4), Ocean Park, Hong Kong (5), hirrid Spa Land. Ku wana, Jepang (6), Hong Kong Disney land, Hung Kung 17 , Yokohama Hakkei-jima Sea Paradise, Yokohama, Je pang (8), Lone World, Seoul, Korea Selatan (9), Happy Valley, Shen then, China (10), Window ol the W.jild.shenzhenXrunal 11 (.Dunia rantau. Jakarta, Indonesia lil), Crumelong Paradise, Guangzhou. Umun 151, Happy Valley. ChcoRdu, China (13), dan Happy Valley-, Bening, China.

Entri Populer