" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Bisnis Arena Bermain Makin Bersinar

Bisnis Arena Bermain Makin Bersinar

DENGAN segmen pasar kalangan menengah ke atas, arena bermain menjadi semakin populer di masyarakat. Bisnis hiburan keluarga ini pun semakin tumbuh dan berkembang di Asia.
Dalam waktu empat tahun, arena bermain Universal Studies terbesar di dunia dibangun di luar Seoul, Korea Selatan dengan menelan biara USD2.7 miliar. Karena jadi bahan perbincangan banyak orang,akhirnya Disney setuju untuk berinvestasi USD3.6 miliar di Shanghai. Sementara dua buah arena bermain di Hong Kong menghabiskan anggaran renovasi dan modernisasi senilai USD1 miliar.

Angka tingkat kunjungan ke arena bermain bisa jadi akan stagnan lah un ini, namun sebagaimana dilansir Forbes (11/02), diprediksikan pertumbuhan angka penduduk menengah ke atas akan semakin meningkat. Sementara sebagai kawasan yang sedikit menerima dampak krisis finansial global akhir 2008, Asia dianggap sebagai pasar potensial. Diperkirakan akan tumbuh kalangan menengah baru di Asia. Wajar jika investor beramai-ramai membidik pasar Asia. "Ini merupakan pasar yang muncul dan tumbuh cukup cepat," ujar Christian Aaen, Direktur Regional AECOM Economics, sebuah perusahaan konsultan industrihiburan rang berkantor di Hong Kong.

Studio MGM dan Paramount, salah satu rumah produksi film kesohor Amerika Serikat pun mulai melirik Asia untuk proyek masa depan. Lembaga konsultan PricewaterhouseCoopers (PwC) memproyeksikan, pasar hiburan di kawasan Asia akan mencapai USD8.5 miliar pada 2010, meningkat dari angka USD6.4 miliar.

Forbes juga menilai beberapa arena bermain yang dianggap terbaik dan paling populer di Asia berdasarkan data yang dikumpulkan AECOM Economics setiap tahun. Dalam data tersebut diungkapkan, ketertarikan masyarakat Asia terhadap arena bermain meningkat signifikan sejak era 1990-an. Dengan tumbuhnya perekonomian Asia, mengakibatkan arena bermain berlomba-lomba memperbaiki sarana dengan anggaran yang tergolongmahal.

"China akan memimpin dalam bisnis ini. Di China semua mendukung. Anda membutuhkan masyarakat sebagai konsumen, serta membutuhkan tenaga kerja dan lahan yang murah," ujar Perwa-kilan International Association of Amusement Parks and Attractions untuk Kawasan AsiaKelvenTan.

Tidak salah, jika Studio Universal berinvestasi cukup besar di Singapura. Dengan pangsa pasar penduduk Singapura sekitar 4,6 juta jiwa ditambah dengan angka kunjungan turis 9,7 juta jiwa per tahun, angka itu hampir mendekati jumlah penduduk terpadat kota di Indonesia atau di wilayah selatan Malaysia.

Ketika pembangunannya selesai dan resmi dibuka musim semi tahun ini, maka akan menjadi arena bermain paling bonafide di kawasan Asia. Lokasi pembangunan di Pulau Sentosa termasuk beberapasarana bermain dan pertunjukan layaknya program televisi Battlestar Galactica, Shrek dan Jurassic Park. Sebagai bagian untuk menarik minat pengunjung dan bahkan membuat mereka betah di sana, kompleks arena bermain ini juga dilengkapi kasino, hotel, dan mal atau pusat perbelanjaan.

Secara keseluruhan, angka belanja untuk hiburan dan media di kawasan Asia Pasifik meningkat 4,5% setiap tahun,atau naik tajam menjadi USD413 miliar pada 2013 dari USD331 miliar pada 2008. Laporan PwC juga memperkirakan beberapa tempat arena bermain seperti di Korea Selatan, Australia.dan China akan menuai keuntungan dari tingginya minat pengunjung.

Seakan tak mau ketinggalan. Malaysia juga rencananya akan mendirikan arena bermain serupa di Johor pada 2013. Rencananya, Negeri Jiran itu akan mengusung brand asing seperti Legoland. Rencananya, arena bermain tersebut akan dikembangkan perusahaan lokal seperti Genting dan OTC Enterprise Corp.

Dalam beberapa cara, arena bermain di seluruh dunia hampir memiliki kemiripan. Namun beberapa di antaranya menawarkan fasilitas vans lebih besar dan cepat. Sebagaimana yang terjadi di Asia, mereka berlomba-lomba menyediakan fasilitas terbaik untuk memberikan hiburan yang lebih hidup.

Beberapa pertunjukan yang dilakukan pun berkolaborasi dengan budaya setempat, bahkan bisa melibatkan ratusan aktor dan penari di panggung bersama dengan beberapa binatang, sena teknologi spesial efek yang cukup canggih.

Dalam kemasan yang sedikit lebih trendi, biasanya pertunjukan melibatkan penyanyi pop. Dalam beberapa bulan terakhir sebagaimana dipersembahkan di arena bermain terbesar di Malaysia Sun-way Lagoon, telah melibatkan per-formaNe-Yodarigruppop AS Black Eyed Peasdan runner-up American Idol David Archuleta.

Sementara diDisneylandTokyo telah berhasil menarik minat 26 juta pengunjung per tahun. Nam un beberapa pasar yang sedang tumbuh seperti Vietnam dan India akan mencapai kemapanan setidaknya dalam waktu lima tahun mendatang, bahkan bisa melampaui negara-negara tetangganya.

Kendati di sejumlah negara bisnis arena bermain menunjukkan geliatnya, tetapi tidak begitu dengan Hong Kong. Sebab, angka kunjungan hotel di Hong Kong menurun hingga USD170juta pada 2009. Kondisi ini mempengaruhi angka kunjungan ke arena bermain.

Terbukti, Ocean Park Hong Kong yang dikenal sebagai arena bermain terbaik nomor satu di Asia,angka pendapatannya anjlok hingga USD75O juta dalam beberapa tahun. Meski sudah ada pelajaran mengenai turunnya pendapatan Ocean Park, tetapi hal itu tidak mempengaruhi Disneyland yangtetapakan berekspansi usaha dengan nilai investasi mencapai LSD-465 juta. Apalagi, pemerintah Hong Kong juga berencana mem-bangun sufwayyangakan semakin membantu sektor pariwisata setempat.

Entri Populer