" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Belajar Jadi Pengusaha di SMA

Belajar Jadi Pengusaha di SMA

MENJADIwirausahawan tidak melulu setelah lulus sekolah atau karena kepepet setelah tidak ada lowongan pekerjaan. Menjadi wirausahawan dapat dirintis saat duduk di bangku sekolah.

Sekolah juga tak hanya memberikan teori, tetapi juga praktik menjadi pengusaha. Salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan kewirausahaan itu adalah SMAK 2 BPK Penabur Jakarta.Pendidikan kewirausahaan yang bagian tuntutan dari kurikulum sekolah Itu diterapkan berdasarkan kondisi lingkungan di sekolah yani; terletak di kawasan bisnis dan perdagangan, sehingga mata pelajaran muatan lokal (mulok), menerapkan pendidikan kewirausahaan.

Menurut Kepala SMAK 2 BPK Penabur Jakarta. Lo Sung Kim. sekolah yang dipimpinnya menyiapkan pelajar agar memiliki masa depan Iebih balk melalui wirausaha. "SMAK 2 BPK Penabur terletak di sentra bisnis, dekat Pasarbaru. Jakarta. Kebanyakan orangtua siswa juga berlatar belakang wirausaha, sehingga kami menerapkan pendidikan kewirausahaan kepada para siswa." ujar Lo Sung Kim pada Seminar Hasil Studi Cepat Pendidikan Kewirausahaan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, di Hotel Century. Senayan. Kamis 127/5). Siswa SMAK 2 BPK Penaburmulai dari kelas X diberikan materi kewirausahaan, terutama tentang nilai dan motivasi dan kemandirian menjadi pengusaha unggul. Pendidikan itu bukan hanya diberikan oleh guru sekolah, melainkan Juga melibatkan perusahaan yang ingin membagi ilmu wirausaha kepada para peserta didik BPK Penabur agar termotivasi.

Di kelas XI. para siswa membentuk kelompok kerja dan membuat rencana kerja menjadi pengusaha. Dalam setiap angkatan terbentuk 8-10 tim rencana kerja. Di kelas XII. siswa mempraktikkan rencana kerja tersebut dalam bentuk nyata. Misalnya, siswa diberi tempat di sekolah untuk mempromosikan dan menjual produk. "Bentuk dagang yang paling bisa terukur dalam pendidikan kewirausahaan. Mereka diberi dana dari sekolah dan mengelola dana tersebut dengan membuat business plan dan kerja sama dengan guru bahasa Indonesia dalam membuat proposal kerja." tutur guru SMAK 2 BPK Penabur Jakarta.

Christina.la mengatakan, siswa yang membuat proposal mendidik anak dalam membuat tulisan, berargumentasi, dan berani berbicara. Contoh bentuk usaha yang dilakukan oleh pelajar SMAK 2 BPK Penabur Jakarta antara lain membuat pernak-pernik Natal, kartu valentine, atau makanan yang dijajakan di sekolah. Setiap Um kerja menjadi satu tempat atau stan dengan membayar sewa stan. Mereka mendapat kesempatan menjajakan produknya selama 1 minggu di sekolah.

Lo Sung Klm mengatakan pendidikan kewirausahaan itu mendidik pelajar untuk membuka pikiran dan wawasan dalam berusaha. Tetapi, bukan hanya mendidik menjadi pengusaha, melainkan juga menanamkan dan membentuk karakter yang pantang menyerah, kreatif, dan inovatif. Selain itu. menanamkan sikap menghargai orangtua yang telah mencari uang untuk membiayai pendidikan sekolah .

Entri Populer