" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Wirausaha Muda Bisa Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi

Wirausaha Muda Bisa Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi

INDUSTRI yang berbasis pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu dapat mengangkat kesejahteraan serta menciptakan lapangan pekerjaan, dengan menghasilkan dan mengeksplorasi daya kreasi dan daya cipta individu.

Pemuda sebagai salah satu potensi masa depan memiliki tingkat kreativitas yang sangat tinggi. Mereka kerap menyalurkan kreativitas mereka dalam bentuk usaha jasa dan industri kreatif.Bisnis yang termasuk sebagai usaha jasa dan industri kreatif antara lain meliputi periklanan, arsitektur, penerbitan, percetakan, kerajinan, desain, musik, lukis, animasi, dan masih banyak lagi.

"Ke depan, sektor usaha ini cukup prospektif untuk ditekuni dan berpotensi go international, mengingat banyaknya sarana untuk promosi hingga ke mancanegara," kata Asisten Deputi Kader Kewirausahaan Pemuda Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Ke-menpora) Sukarno, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, dalam upaya mendukung percepatan pertumbuhan dan pengembangan usaha kecil menengah (UKM), khususnya dari kalangan pemuda, dan untuk menyukseskan gerakan kewirausahaan pemuda di Tanah Air, Kemen-pora telah melakukan kegiatan promosi karya-karya wirausaha pemuda, membuka J.in membangun jaringan usaha sehingga dapat berperan dalam rangka membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kecenderungan wirausaha muda saat ini yang selalu ingin tampil berdikari dan kreatif menaruh keyakinan bagi kita bahwa mereka siap untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Sukarno.

Ia mengakui kegiatan-kegiatan sosialisasi wirausaha muda, melalui workslwp, gelar karya, hingga pemilihan wirausaha muda berprestasi sudah mendapatkan sambutan baik dari kalangan wirausaha muda.

Namun demikian, ke depan pihaknya akan terus melebarkan jaringan kerja sama agar capaian-capaian kreatif wirausaha muda saat ini bisa bertahan dan berkembang, bahkan jika perlu hingga menguasai pasar internasional."Promosi wirausaha muda harus terus dilakukan. Ini akan menjadi dorongan moral bagi mereka," kata Sukarno. (S-25)

Entri Populer