" Status YM ""
ukm indonesia sukses: UMKM Belum Optimal Manfaatkan Media Internet

UMKM Belum Optimal Manfaatkan Media Internet

Para pelaku UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) belum optimal melakukan penetrasi pasar melalui media internet. Padahal, cara tersebut berpeluang besar meningkatkan penjualan, karena saat ini tiga puluh persen dari jumlah masyarakat Indonesia sudah melek internet.

"Apalagi, saat ini semakin banyak perangkat yang bisa digunakan masyarakat untuk akses internet. Bisa menggunakan PC, laptop, sampai kepada handphone" ujar Direktur PT Blantika Zemesta (Blazzworld) Firman Nurimansyah, pada seminar "Optimalisasi Penjualan Produk UMKM dengan Menggunakan TI", di Bandung, Rabu (21/4).

Dikatakan, selama ini beberapa pelaku UMKM sudah ada yang memanfaatkan Internet dalam melakukan promosi. Namun, umumnya pemeliharaannya kurang baik, sehingga akhirnya menjadi tidak efektif.

Oleh karena itu, menurut Firman, pihaknya mencoba untuk menjembatani hal tersebut dengan membangun pelayanan terpadu berbasis internet untuk pemasaran produk-produk UMKM. Khusus di Bandung, pada tahap awal pihaknya melakukan kerja sama dengan dua ratus pelaku UMKM di Kota Bandung yang bergerak di sektor fashion, kerajinan tangan, dan makanan.

Sementara Manager Badan Promosi dan Pengelola Keterkaitan Usaha (BPPKU) Kota Bandung, Bambang Tris Bintoro mengatakan, dari hasil seleksi yang dilakukan, saat ini pihaknya baru mengajukan dua ratus UMKM mitra binaan mereka, untuk bekerja sama dengan Blazzworld. Hal itu berkaitan dengan kualitas produk yang baik, dan produksinya bisa berkelanjutan

Entri Populer