" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Program Keahlian Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi

Program Keahlian Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi

Merancang Studi Mulai Dari Teon Produhsi Hingga Pendistribusian Produk Makanan
Program Keahlian Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi merancang studi mulai dari teori, produksi, hingga pendistribusian produk makanan Disimlahtempatnyajika ingin mempunyai kompetensi dan mempunyai kemampuan merencanakan menu di industri jasa makanan, baik restoran, katering, maupun jasa boga lainnya. Di program keahlian ini, mahasiswa juga merencakan dan mengawasi pengadaan bahan manakan di industri jasa makanan, mengolah dan menyajikan makanan dengan memperhatikan aspek gizi, diet, serta kulinari.

Program keahlian yang mempunyai akreditasi A dan Badan Akreditasi Nasional ini, mengajarkan mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia, Gizi dan Penyakit Dekorasi Hidangan, Makanan Oriental. Makanan Kontinental, Cipta Boga dan Diet, Keamanan Pangan, Dietetik, Manajemen, serta Produksi dan Boga Pengolahan Pangan-yang menjadi ciri khasnya. Semua mata kuliah tersebut didukung oleh fasilitas berupa laboratorium gizi dan kulinari yang memadai dan modem.

Peluang kerjanya pun terbuka luas. Mulai dari Supervisor di industri jasa makanan (katering, restoran, instalasi gizi rumah sakit), bagian pengadaan danpenyimpanan bahan makanan, bagian produksi makanan, bagian pelayanan dan distribusi makanan; ahli kuliner dan food stylist, serta asisten konsultan gizi. Untuk tugas akhir mahasiswa diwajibkan melakukan pengembangan produk makanan, mulai dari membuat kreativitas jenis makanan baru dan mengembangkan makanan daerah.

Program Keahlian ini merancang studi mulai dari teori, produksi, hingga pendistribusian produk makanan atau menjual makanan hasil olahan praktikum (di sekitar kampus) dengan nilai tambah, yaitu memperhitungkan nilai gizi dan kalori nya, yang disesuaikan dengan kebutuhan, apakah untuk kebutuhan sarapan, atau makan siang.

Untuk pembuatan laporan tugas akhir, mahasiswa melakukan magang sebanyak dua kali. Pertama di rumah sakit, yang kedua magang dengan tema Pengembangan Usaha Jasa Boga (PUJB) di restoran, hotel, katering, dan kantin.

Khusus untuk kantin, Program Keahlian Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi mempunyai kantin sendiri di lokasi kampus, yang dinamakan kantin Sehati (sehat dan bergizi) Di kantin ini mahasiswa harus melakukan magang selama dua bulan secara bergilir.

Pengertian magang di sini berbeda dengan magang di rumah sakit atau di perusahaan. Di sini mereka dididik berwirausaha, merencanakan sendiri program kerja yang akan dilakukan, merancang produk apa yang akan dijual, mengorganisasikan tim, serta mengelola keuangannya. Dengan demikian, secara tidak langsung mereka belajar mengelola restoran sendiri.

Entri Populer