" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Koperasi Harus Gaul

Koperasi Harus Gaul

JAKARTA- Kementerian Koperasi dan UKM mendorong Lembaga Keuangan Mikro (LKM) melaksanakan pemeringkatan koperasi. Pemeringkatan bertujuan membuat mudah akses pihak ketiga atau perbankan dalam penyaluran kredit. LKM sendiri yang mengeluarkan sertifikat pemeringkatannya.

"Sistem pembangunan kelembagaan koperasi harus terus diperkuat. Dengan kata lain, koperasi juga harus gaul dalam sistem pasar bisnis nasional, seperti manajemen yang baik dengan mengikuti kaidah-kaidah dan aturan yang berlaku dalam bisnis," ungkap Untung Tri Basuki, deputi Kelembangan Koperasi Kementerian Koperasi dan UKM, di ruang kerjanya, gedung Kemenkop dan UKM, kawasan Kuningan, Jakarta, kemarin.

Menurut Untung, koperasi jadi domain Kementerian Koperasi dan UKM. Oleh karena itu, Kementerian Koperasi dan UKM berusaha mengarahkan pembinaan kepada kelompok-kelompok arisan, usaha bersama, PKK, dan semua yang belum bisa berkoperasi untuk jadi Koperasi Simpan Pinjam (KSP). "Nah, pemeringkatan ini bertujuan juga mengukur kapasitas akuntabel koperasi itu. Atau mengukur sebuah koperasi baik atau tidak. Sehingga pihak ketiga yang membutuhkan untuk menyalurkan dana perbankan koperasi bisa mudah mengakses," urainya. Koperasi yang masuk pemeringkatan ini mendapat sertifikat. Sertifikat ini membuktikan bahwa ,

Entri Populer