" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Kadin Targetkan Jumlah Pengusaha UMKM 48 Juta Orang

Kadin Targetkan Jumlah Pengusaha UMKM 48 Juta Orang

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menargetkan jumlah pengusaha mikro, kecil, dan menengah meningkat menjadi sekitar 48 juta orang dalam tiga tahun ke depan. Saat ini, jumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di dalam negeri baru mencapai 43 juta orang.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM dan Koperasi Sandiaga S Uno menjelaskan, peningkatan jumlah pelaku UMKM perlu terus digiatkan untuk menopang pertumbuhan perekonomian nasional. "Menurut saya, Indonesia harus mengejar angka 2% pelaku UMKM dari total penduduk. Kalau sudah masuk lima besar ekonomi besar dunia tahun 2050, jumlah itu bisa meningkat lagi menjadi 5V Jelas Sandiaga di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut dia, dari total jumlah penduduk Indonesia saat ini sebanyak 240 juta orang, pelaku UMKM hanya,18%. Selama ini wirausaha Indonesia lebih banyak lahir karena proses terdesak karena imbas krisis, atau tidak banyak yang dilahirkan melalui meja akademis.

Kadin, lanjut dia, akan mengambil posisi sentral dalam pengembangan usaha mikro terberdayakan sehingga UMKM dapat menjadi bagian utama dalam strategi Indonesia Incorporated. "Kami akan memperjuangkan peningkatan kapasitas UKM dan akses kepada pembiayaan kredit mikro," katanya.

Atas dasar itu, dia menerangkan. Kadin akan menjadikan peningkatan kapasitas UMKM sebagai isu global dalam Entrepreneurship Summit yang diprakarsai Presiden Amerika Serikat Barack Ubaina. "Forum ini penting untuk memperkuat jaringan global memberdayakan UMKM. Tentunya, kita berharap, buah dari pemberdayaan itu adalah naik kelasnya UMKM. Jika sudah demikian,akan lahir pengusaha besar," katanya.

Menurutnya, dengan menjadikan program pemberdayaan UMKM sebagai gerakan global, kekuatannya akan semakin besar. Selain itu, kerjasama antarnegara dan korporasi global juga menjadi semakin erat "Banyak negara yang terbukti berhasil memberdayakan UMKM. Kita bisa belajar kepada negara yang terbukti sukses dan bekerja sama. Tentu saja, ini harus sepenuhnya bermanfaat bagi UMKM kita," tandasnya.

Entrepreneurship Summit akan dilaksanakan dua hari pada 26-27 April 2010 bertempat di Washington DC, Amerika Serikat Acara tersebut dihadiri 250 peserta dari 60 negara. Tujuannya untuk meningkatkan kerja sama bisnis serta menumbuhkembangkan entrepreneur bidang sosial dan pendidikan di negara-negara yang penduduknya mayoritas muslim. (cl34)

Entri Populer