" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Kadin Fasilitasi Kredit Usaha Rakyat

Kadin Fasilitasi Kredit Usaha Rakyat

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bogor, memfasilitasi kredit bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayali Kabupaten Bogor melalui Bank Jabar Banten Cabang Cibinong pada Rabu (28/4).

"Kami bersyukur dengan fa- silitas yang disediakan Kadin, kami mendapat informasi dan bisa mengajukan kredit di Bank Jabar. Sebab, selama ini permodalan masih menjadi masalah untuk mengembangkan usaha kami." ungkap salah satu pengrajin sepatu asal Kecamatan Ciomas Zakarsih yang hadir dalam sosialiasi Kredit, Usaha Rakyat (KUR) dan Mikro Utama Bank Jabar Banten, kemarin.

Ia juga mengatakan tanpa modal yang cukup, para pengrajin tidak akan mampu me- ngembangkan usahanya. Apalagi, kata dia. pengrajin sepatu hanya bisa bekerja jika ada order atau pesanan. "Selain pemasaran yang baik, kami me-, mang membutuhkan kredit sebagai modal meningkatkankualitas dan kuantitas produksi." ujar pria yangjuga Ketua Asosiasi Pengrajin Sepatu Ciomas Bogor.

Pimpinan Bank Jabar Banten Cabang Cibinong Cahya mengatakan pihaknya telah menyiapkan dana sekitar Rp28 miliar untuk menyalurkan kredit kepada pelaku usaha produktif di Kabupaten Bogor. Mereka lanjut dia. bisa mencairkan kredit dari Rp5 juta hingga Rp50 juta hanya dengan jaminan sebesar 40 persen berupa sertifikat. "Untuk menghindari pemanfaatan oknum, kami akan selektif menyalurkan kredit ini. Jangan sampai kredit ini macet." kata Cahya.

Sementara Itu, Kadin Kabupaten Bogor telah menyiapkan pembinaan sebagai bentukantisipasi macetnya kredit. Menurut Kelua Kadin Kabupaten Bogor Tb Nasrul Ibnu HR. selain memiliki identitas yang jelas dan memiliki Kartu Tanda Anggota Kadin, pelakuusaha juga nantinya akan dibina dengan berbagai pelatihan yang bersifat Informal."Kami akan memfasilitasi suatu forum yang bisa mempertemukan para pelaku

UMKM agar nantinya mereka saling berbagi pengalaman. Tak hanya itu. kamijuga akan membina sistem manajerial UMKM yang bersifat Imple-mentatif," kata Nasrul. (ugl)

Entri Populer