" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Jatim optimalkan gedung pameran

Jatim optimalkan gedung pameran

SURABAYA Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Jawa Timur menggandeng 15 institusi guna mengoptimalkan fungsi Gedung Pameran UKM dan Gedung Souvenir yang dibangun instansi tersebut, dengan sasaran mengembangkan akses pasar atas produk unggulan daerah itu. Ke-15 institusi itu adalah BUMN, BUMD, instansi pemerintah, asosiasi profesi dan lembaga kesenian.

Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil Menengah Dinkop UMKM Jatim Moch. Hadiyanto mengatakan pertumbuhan sektor UMKM di provinsi itu cukup pesat dan hingga kini mencapai 4,2 juta unit, terutama bergerak di bidang industri kecil, sehingga perlu didukung dengan peningkatan akses pasar.

Menurut dia, salah satu upaya yang cukup strategis adalah menyiapkan gedung pameran dan gedung khusus produk suvenir dengan kegiatan secara terus-menerus (pameran tanpa henti), di mana fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM secara gratis. Dua unit gedung masing-masing berkapasitas 50 unit stan itu berlokasi di Surabaya Selatan telah dirampungkan pembangunannya pada Januari lalu, dan mulai dioperasikan pada 20 Mei mendatang yang akan diresmikan Menkop UKM Syarifudin Hasan.

"Kami menjalin kerja sama dengan 15 institusi guna mengoptimalkan fungsi Gedung Pameran UKM, di mana kerja sama tersebut berlangsung saling membutuhkan dengan orientasi mengembangkan sektor UKM," ujarnya kepada Bisnis, kemarin. Hadiyanto menambahkan kalangan BUMN akan mendukung pengoperasian Gedung Pameran UKM sesuai bisnis inti yang dijalankan, semisal Telkom membantu fasilitas teknologi informasi (perangkat keras dan lunak) guna meningkatkan sosialisasi tentang Internet kepada pelaku UKM.

Kalangan bank membantu pelatihan guna mengakses kredit sekaligus mengoperasikan fasilitas layanannya.Sementara itu, instansi pemerintah dan asosiasi profesi akan turut mempromosikan pengoperasian gedung kepada para turis, di antaranya fasilitas itu akan dijadikan salah satu tujuan wisata. Soalnya, gedung tersebut juga akan diisi tampilan aneka kesenian yang disiapkan oleh Dewan Kesenian Ja,wa Timur.

"Kami dulu sulit mencari mitra untuk mengembangkan UMKM, tetapi sesudah dibangun dua unit gedung dengan program kegiatan rutin, kini banyak yang mengajak kerja sama. Kami gandeng semuanya untuk meningkatkan kinerja UMKM." (K22)

Entri Populer