" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Dibahas Rute Bus Pariwisata Jakarta-Cipanas Garut

Dibahas Rute Bus Pariwisata Jakarta-Cipanas Garut

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI dan Pemkab Garut kini tengah mempersiapkan secara Intensif dibukanya Jalur khusus wisata dari Jakarta menuju Garut. Jalur khusus Itu akan dibuka dengan disediakan armada bus eksekutif dart Stasiun Gambir atau terminal bus Kemayoran. Rencana Itu dibahas dalam rakor di Hotel Tlrta-gangga Cipanas Garut. Jumal (30/4). mulai kesiapan, aspek legalitas dan teknis operasional.

Dipimpin Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan UMKM dan Industri Pariwisata Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. Dr Ir Hamdan MM dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Garut H Budiman SE MSI. delegasi Kementerian Dalam Negeri. Ditjen Perhubungan Darat. PU Bina Marga Pusat. Dinas Perhubungan Provinsi Jabar. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut Hj Yati Rochayaue SH. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan UMKM. Sekretaris PU Bina Marga Kabupaten Garut Drs Wahyu dljaya. MSL Kelua MPI Cabang Garut U Kurnia. Bagian Informatika dan sleakholder lainnya.

Menurut Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan UMKM dan Industri Pariwisata Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. Dr Ir Hamdan. MM program Ini merupakan salah satu terobosan dalam rangka meningkatkan arus wisatawan ke Garut, khususnyadari Jakarta Apalagi dah 553 kabupalen/kota di Indonesia. Garut dijadikan pltol project 2010 untuk bidang transportasi pariwisata.

"Bila rencana Ini terwujud, setidaknya multiplier effect yang akan dirasakan oleh Kabupaten Garut, di antaranya tempat penginapan ln ttl dan liomestay di Garut akan meningkat, begitu pun konsumen restoran/ rumah makan atau wisata kuliner Juga terbawa dampak positif. Bagi pengrajin, bisnis souvenirberbagai produk, penyewaan sarana transportasi, layanan Jasa relaksasi, hingga pemanfaatan tenaga kerja lokal akan semakin terbuka peluangnya." luturnya.

Ditambahkan Hamdan merancang Jadwal bus akan beroperasi setiap lian dengan dua kali pemberangkatan dari Stasiun Gambir atau Terminal Bis Kemayoran mulai 07.00 pagi dan 13.00. Sehingga pada jam Itu. akan semakin terbuka konsumen potensial menggunakan Jasa transportasi khusus, mulai dari para PNS Jakarta dalam rangka wisata MICE berupa rapat-rapat koordinasi, lokakarya, pameran bisa dilakukan di Cipanas Garut

Pihak Pemkab Garut yang difasilitasi Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Budiman SE MSI menyambut baik gagasan ini. terlebih Cipanas merupakan segitiga emas Pariwisata Garut, yang telah menjadi Ikon pariwisata Garut. Rencananya Bus khusus Itu akan transit di halaman Garut Souvenls Center (GSC). selanjutnya wisatawan akan dibawa dengan kendaraan tradisional dclman menuju lokasi pemandian alr panas di Cipanas.

Dijadikannya Garut sebagai pilot project 2010 untuk transportasi wisata, tidak terlepas dari program pemerintah pusat agar tingkat perekonomian masyarakat meningkat. Selain Garut. Pilot Project 2010 di Indonesia untuk pemberdayaan ekonomi rakyat melalui Industri pariwisata, adalah Kepulauan Riau untuk bidang VOA. Nangroe Aceh Darussalam untuk bidang Promosi Pariwisata di Mancanegara. Jambi untuk bidang Situs Arkeologi dan Geologi. KaDxir dan Kaltim untuk bidang Ekonomi Rakyat Perbatasan. NTB untuk Wisata Bahari, dan Bali untuk bidang Nesparda.

Namun untuk menuju arah sana. Kabupaten Garut terkendala dengan masalah infrastruktur jalan yang hingga kini masih menyisakan permasalahan, padahal aksesibilitas menuju objek wisata perlu didukung Infrastruktur memadai, (ck-209/2)

Entri Populer