" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Basahnya Lahan Perikanan Menularkan Sikap Berwirausaha

Basahnya Lahan Perikanan Menularkan Sikap Berwirausaha

Potensi sumber daya alam Indonesia maupun dunia masih banyak belum digali. Terlebih untuk wilayah perairan yang masih luas dan belum banyak campur tangan manusia. Dengan potensi tersebut maka menjadi kewajiban kita untuk mengembangkannya yakni dengan berwirausaha di bidang tersebut.

Tidaklah mudah dalam mengembangkan jiwa wirausaha tanpa diimbangi sikap dan mental serta keterampilan dalam menjalankan wirausaha yang akan digeluti. Untuk itu, diperlukan pendidikan yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut, seperti yang tercantum dari tujuan pendidikan Program Keahlian Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya Diploma IPB. Program keahlian ini menghasilkan tenaga ahli madya dan wirausaha yang kompeten dalam memproduksi perikanan budidaya (baik pembenihan maupun pembesaran) termasuk menangani pengadaan sarana produksi dan hasil panen.

Program Keahlian Teknologi produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya atau yang lebih dikenal dengan PK IKN, mampu memberikan keterampilan dalam mengembangkan wirausaha yang dibutuhkan di dunia kerja.
Pengajaran beberapa mata kuliahnya terlibat aktif dalam pengembangan produk yang dihasilkan di lapangan. Seorang mahasiswa IKN ketika masih kuliah sudah dibiasakan berwirausaha. Mereka menjalankan

Oleh Andri Hendriana, S.Pi. Dosen PK IKN Diploma IPBbeberapa mata kuliah yang menangani secara langsung proses wirausaha pada produk perikanan, tanpa menggangu perkuliahan lainnya. Dengan demikian, mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu dalam kegiatan wirausaha skala usaha kecil Dengan adanya kegiatan wirausaha ini, karakter dan mental mahasiswa ditumbuhkan, selain itu mereka dapat membuka jaringan dalam usaha perikanan.

Kegiatan yang sering dilakukan mahasiswa ketika masih kuliah adalah memulai usaha pembenihan dan pembesaran ikan, termasuk ikan hias dan ikan konsumsi Selain menghasilkan produk perikanan, tak jarang mahasiswa aktif pada kegiatan yang diselenggarakan baik dinas perikanan atau swasta dengan membuka stan perikanan yang didalamnya memamerkan produk yang mereka hasilkan. Dengan adanya sikap berwirausaha, para lulusan diharapkan dapat membuka usaha sendiri, sehingga dapat mengurangi pengangguran di masyarakat. Yang penting, memulai usaha di bidang perikanan tidaklah terlalu sulit, yang penting ada kemauan untuk berusaha.

Ada istilah yang tertanam dalam benak seorang aquakultur (budidaya) yang berwirausaha di bidang perikanan " As long as water still consist in eart aquaculture never die". Dengan kata lain tidak ada yang tidak bisa dijalankan dalam berwirausaha di bidang perikanan

Entri Populer